Gempa Magnitudo 5,5 Guncang Tanggamus, Ini Penjelasan BMKG
Segan Simanjuntak
Selasa | 10/11/2020 11.47 WIB
Gempa Magnitudo 5,5 Guncang Tanggamus, Ini Penjelasan BMKG
FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Bandarlampung – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,5 mengguncang Tanggamus, Lampung pada Selasa (10/11/2020) sekira pukul 07.52.33 WIB.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono menjelaskan gempa bumi tektonik tersebut tidak berpotensi tsunami.

Menurut dia, gempa terjadi di wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo (M) 5,4.

“Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6,34 LS dan 103,99 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 122 km arah Barat Daya Kotaagung, Kabupaten Tanggamus, Lampung pada kedalaman 48 km,” ujar Rahmat seperti dikutip di akun Facebook Infocuaca BMKG Lampung, Selasa (10/11/2020).

Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, lanjut Rahmat, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik mendatar (Oblique Thrust Fault),” jelasnya.

Guncangan gempa dirasakan di daerah Limau, Ulubelu, Liwa, Tanggamus. Getaran dirasakan nyata di dalam rumah atau seakan-akan ada truk melintas.

Selain itu, Pesawaran dan Pringsewu turut merasakan getarannya hingga benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

“Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami,” ujar Rahmat.

Berdasarkan hasil monitoring BMKG, Rahmat memastikan belum ada aktivitas gempa susulan.

Pihaknya mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” imbuhnya. (*)


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID