Generasi Milenial Dituntut Cerdas Sikapi Hoaks Terkait Pemilu - RILIS.ID
Generasi Milenial Dituntut Cerdas Sikapi Hoaks Terkait Pemilu

Selasa | 22/01/2019 19.56 WIB
Generasi Milenial Dituntut Cerdas Sikapi Hoaks Terkait Pemilu
Diskusi publik terkait toleransi pemilu. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/Taufik Rohman

RILIS.ID, Bandarlampung – Komisioner KPU Lampung Sholihin meminta generasi milenial cerdas dalam menyikapi berita bohong alias hoaks terkait Pemilu 2019.

Menurut dia, hal ini sangat penting untuk mencegah perpecahan umat karena kepentingan politik praktis.

“KPU sekarang sedang melakukan sosialisasi yang berbasis keluarga, apa yang kita dapat dari KPU agar dapat disampaikan ke keluarganya, agar tahu bahwa pentingnya memilih Pemilu 2019 no hoax, no sara," kata Sholihin dalam Diskusi Publik di Wisma Unila, Selasa (22/1/2019).

Ketua Umum Perkumpulan Gerakan Kebangsaan DPW Lampung Fadly Renaldi mengatakan generasi milenial harus berpikir cerdas dan peduli dengan dinamika politik. Juga tidak mengangkat isu yang belum jelas kebenarannya.

"Politik hari ini tahun 2019, itu bisa kita lihat ada sepercik isu tentang politik identitas dalam pemikiran dan posisi, kaum saya dan kaum dia, dan isu isu yang mengangkat tentang suku, agama, dan ras itu semata-mata digabungkan dengan kepentingan politik, ketika mendapatkan informasi itu kita harus cek berkali-kali, terhadap sumber berita, kredibel atau tidak, sehingga kita tidak terpapar dengan straight news maupun hoax," tuturnya.

Sementara Ketua Umum DPN Pimpinan Nasional Perhimpunan Mahasiswa Hukum Indonesia (Permahi) M. Andrean Saefudin menambahkan generasi milenial bisa ikut berperan aktif untuk banyak memberikan edukasi terkait masalah budaya lokal dan partisipasi publik, terutama menyikapi hoaks tersebut.

“Hoaks menjadi tantangan kita semua, dikarenakan hoaks tersebut dibuat oleh orang pintar dan disebarkan oleh orang-orang yang tidak mengerti. Masyarakat harus dapat membedakan, cek dan ricek berita dan pastikan berasal dari sumber yang terpercaya," kata Andrean. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID