Inspektur Lamteng Setor Rp2,1 Miliar ke Kadis PUPR karena Diiming-imingi Proyek
Muhammad Iqbal
Kamis | 18/03/2021 15.11 WIB
Inspektur Lamteng Setor Rp2,1 Miliar ke Kadis PUPR karena Diiming-imingi Proyek
Sidang lanjutan perkara gratifikasi Mustafa di Pengadilan Tipikor Tanjungkarang, Kamis (18/3/2021). FOTO: IST

RILIS.ID, Bandarlampung – Inspektur Lampung Tengah (Lamteng) Muhibatullah mengakui dirinya pernah menyetorkan uang sebanyak Rp2,1 miliar kepada mantan Kepala Dinas (Kadis) PUPR setempat, Taufik Rahman.

"Bahasanya sih pinta carikan dana karena ada urusan mendesak, saya sempat bilang enggak ada, tapi kata dia (Taufik Rahman) nanti mau dipulangkan atau diganti pekerjaan (proyek), jadi saya berupaya," ucapnya saat menjadi saksi dalam sidang korupsi perkara gratifikasi Mustafa di Pengadilan Tipikor Tanjungkarang, Kamis (18/3/2021).

Jaksa penuntut umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Taufiq Ibnugroho kemudian bertanya; "Kapan perbincangan itu terjadi".

"Saat itu, selesai rapat di tahun 2017, sebelumnya sih saya belum pernah ketemu sama TR (Taufik Rahman) terkait urusan proyek," sahutnya.

Karena cuma memiliki dana sebesar Rp900 juta, Muhibatullah kemudian mencari sejumlah uang dari koleganya hingga terkumpul Rp2,1 miliar.

Di antaranya berasal dari seseorang bernama Dede Rp400 juta, Sapuan Rp200 juta, Kholik Rp200 juta, Hidayatullah Rp300 juta, Djunaidi Rp100 juta.

"Semua uang saya serahkan ke anak buahnya TR, si Rusmaladi (Ncus). Penyerahan di rumah saya, dan langsung saya konfirmasi ke TR," tuturnya.

"Tapi sampai hari ini juga belum dapat proyek, sempat saya minta kembalikan uangnya, tapi sudah keburu OTT (operasi tangkap tangan)," sambung Muhibatullah.

Jaksa kembali mencecar Muhibatullah. "Apakah uang tersebut berkaitan dengan pencalonan diri Mustafa dalam Pilgub 2018," tanya Jaksa Taufik.

"Kurang paham saya, bilangnya karena ada urusan mendesak," ujar Muhibatullah menjawab pertanyaan jaksa. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID