Isu Gempa di Malam Pergantian Tahun, Kepala BMKG: Itu Hoax!
Isti Febri Wantika
Senin | 30/12/2019 20.45 WIB
Isu Gempa di Malam Pergantian Tahun, Kepala BMKG: Itu Hoax!
Kantor BMKG Lampung Utara/FOTO ISTI FEBRI WANTIKA/RILISLAMPUNG.IDka

RILIS.ID, KOTABUMI – Isu meresahkan terjadi di Kabupaten Lampung Utara (Lampura). Beredar informasi dari mulut ke mulut jika akan terjadi gempa bumi di kabupaten tersebut pada malam pergantian tahun 2019-2020.

Isu itu langsung ditanggapi Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika(BMKG) Lampura Anton Sugiharto. Dia menegaskan, informasi itu tidak benar.

”Itu hoax!” tegasnya, Senin (30/12/2019).

Karenanya, ia meminta masyarakat tidak percaya dengan informasi tersebut. Sebab, menurutnya belum ada teknologi yang bisa memprediksi kapan akan terjadi gempa bumi.  

”Karenanya, saya tegaskan lagi, informasi itu hoax! BMKG tidak pernah mengeluarkan edaran atau statement mengenai akan terjadinya gempa di malam pergantian tahun tersebut,” katanya.

Mengenai informasi soal gempa, lanjut Anton, masyarakat bisa melihat melalui saluran aplikasi dan media sosial dengan aplikasi @infoBMKG.

Aplikasi ini dapat dilihat juga melalui android dan masyarakat bisa men-download-nya untuk informasi gempa melalui URS (aplikasi khusus untuk informasi gempa).

”Kendati begitu, kami juga mengimbau masyarakat agar terus berhati-hati dalam merayakan malam pergantian tahun,” imbaunya.

Anton menjelaskan, Lampung memang menjadi wilayah berpotensi terjadinya gempa bumi. Namun, BMKG tidak dapat memprediksi kapan gempa akan terjadi.

Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap tenang dan dapat mencari info gempa melalui situs resmi yang ada di BMKG.

Untuk daerah yang berpotensi gempa di Lampura sendiri hingga saat ini BMKG tidak menemukan deteksi adanya patahan lokal atau lainnya yang dapat menimbulkan gempa.

”Insya Allah untuk potensi gempa di Lampura tidak ada. Info akan terjadinya gempa ini juga sudah ditanggapi oleh BMKG pusat,” pungkasnya.(*)

Editor Wirahadikusumah


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)

 





2019 | WWW.RILIS.ID