Kapolres dan Dandim Sepakat Kawal Dana Desa Mesuji
Juan Situmeang
Senin | 17/02/2020 16.04 WIB
Kapolres dan Dandim Sepakat Kawal Dana Desa Mesuji
Bupati Mesuji Saply TH melakukan penandatanganan dengan Kapolres dan Dandim terkait dana desa, Senin (17/2/2020). FOTO: RILISLAMPUNG.ID/Juan Situmeang

RILIS.ID, Mesuji – Bupati Mesuji Saply TH melakukan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Kapolres Mesuji AKBP Alim dan Dandim 0426/Tulangbawang Letkol Inf. Kohir di ruang kerja bupati setempat, Senin (17/2/2020).

Penandatanganan MoU terkait dengan kegiatan keamanan dan pengamanan di desa. Sejumlah pejabat Pemkab Mesuji turut hadir, seperti Pj. Sekkab Edyson Basid Habibi, Asisten I Indra Kusuma Wijaya, Asisten III Nawawi Matni, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sunardi, dan para camat.

Pada kesempatan tersebut, Asisten I Pemkab Mesuji Indra Kusuma Wijaya menyampaikan keluhannya tentang dana desa. Dia berharap babinsa dan babinkamtibmas mengawal dana desa.

“Tolong Pak, kawal dana desa, supaya tidak ada lagi yang menyeleweng. Supaya semua lempeng, lurus. Jadi tidak ada panggilan-panggilan kepala desa diperiksa APH (Aparat Penegak Hukum)," katanya.

Kekhawatiran dan keresahan juga disampaikan Camat Wayserdang Anwar Pamuji. Sebagai perwakilan camat, ia menyampaikan supaya camat tidak ikut-ikut dipanggil dan diperiksa terkait dana desa.

"Yang mau saya sampaikan, alhamdulillah, keamanan berjalan baik. Ada babinsa, babinkamtibmas. Tapi tolong ikut pengawasan dana desa. Supaya bisa sesuai dengan aturan. Soalnya, dana desa ada rekom dari camat. Ada kekhawatiran kami, kalau ada hal-hal yang salah, kami masih ikut terpanggil juga. Jadi beban," ujarnya.

Kepala DPMD Mesuji Sunardi meminta agar pihak Babinkamtibmas dan Babinsa ikut mengawasi dana desa karena sudah mendapatkan insentif sebesar Rp1 juta per orang setiap bulan. Selain itu, jajaran tingkat Polres dan Kodim juga diberi insentif sesuai MoU.

Sementara Kapolres Mesuji AKBP Alim mengapresiasi jajaran Pemkab setempat. Menurutnya, keamanan merupakan kebutuhan mendasar bagi masyarakat.

"Saya sampaikan terima kasih, ini uang rakyat. Uang negara. Tentu setelah diberikan harus memberi kontribusi positif. Kalau tidak, ya cabut saja. Kalau tidak ada efek," ujarnya.

Senada dengan Kapolres, Dandim 0426/Tulangbawang Letkol Kohir berjanji akan memberi perhatian kepada anggotanya usai penandatanganan MoU.

"Saya pertanggungjawabkan anggota saya. Para babinsa. Nanti kami (Bersama Kapolres) bersinergi menjaga keamanan wilayah Mesuji. Jika ada keluhan-keluhan, tolong sampaikan di sini, jadi bahan saya untuk kumpulkan anggota setelah kegiatan ini," katanya. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID