Kaum Milenial dan Penggiat UMKM Antusias Ikuti Seminar UMKM PWI Lampung - RILIS.ID

Kaum Milenial dan Penggiat UMKM Antusias Ikuti Seminar UMKM PWI Lampung
kontributor kontributor
Rilis.id
Rabu, 2019/11/20 13.55

RILIS.ID, ; RILISID TV LAMPUNG - Bandarlampung, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung,  menggelar seminar UMKM dengan mengusung tema "Menggelorakan Kemandirian UMKM". di aula PTPN 7, Selasa (19/11/2019). 


Seminar yang diikuti oleh ratusan peserta yang terdiri dari lebih (50persen kaum milenial) mahasiswa Lampung dan para penggiat UMKM se-lampung. Seminar yang diadakan PWI Provinsi Lampung menghadirkan 5  Narasumber yang berkecimpung di dunia UMKM Lampung.


Para narasuber terdiri dari; Dr.  Agus Nompitu,  S. E., M.T.P selaku Plt.  Kadis Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung,  Dra. Bayana, M.Si. Kadis Perindustrian Provinsi Lampung,  Yuria Putra Tubarat S.E., M.M. Ketua harian Kadinda Lampung, Hj. Laila Al Husna Owner Rumah batik siger Lampung yang kebetulan berhalangan hadir.  Dan Agus Ahdiyat selaku Wakil Pimpinan Wilayah BRI Bandarlampung.

 

Dalam sambutannya, Sekretaris PWI Nizwar yang mewakili Ketua Umun PWI Provinsi Lampung  Supriyadi Alfian mengatakan dalam sambutannya, Nizwar mengatakan UMKM adalah salah satu pilar penguatan ekonomi secara nasional. Terutama, dalam memperluas lapangan kerja dan memberikan pelayanan ekonomi kepada masyarakat.


Nizwar berharap seminar tersebut dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan bagi yang mengikuti seminar ini, khususnya dalam membangun perekonomian Provinsi Lampung.

Sementara itu Kadis Perindustrian Provinsi Lampung Dra.  Bayana, M. S.I.  mengatakan dalam pemamaparan materinya menjelaskan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah solusi untuk meningkatkan kesejahteraan warga.  

Hal ini sesuai dengan misi Gubernur Lampung Terutama dalam membangun kekuatan ekonomi masyarakat Lampung. Bayana menyebutkan, lebih kurang 13 persen penduduk di Provinsi Lampung masih berada dibawah garis keniskinan. Sehingga kami Dekranasda yang merupakan mitra Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mencarikan solusi dengan menciptakan lapangan kerja baru.


Melalui UMKM diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraaan dan kemandirian ekonomi masyarakat di Provinsi bergelar lampung tanoh lada ini.


Sedangkan Plt Kadis Koperasi dan UMKM Agus Nompitu mengatakan Kendala yang sering dihadapi pelaku UMKM ialah kurangnya permodalan.

Agus Nompitu,mengatakan  99 persen lapangan pekerjaan di Indonesia berasal dari UMKM.

 

"Jadi hanya 1 persen saja, lapangan kerja yang berasal dari usaha besar. Tetapi yang menjadi kendala adalah permodalan," kata Agus saat menjadi narasumber dalam Seminar UMKM.

Agus menyebutkan dari 99 persen pelaku UMKM, hanya 20 persen saja yang mengakses pembiayaan atau bantuan permodalan.


Karena Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung berupaya untuk mencarikan solusi permodalan pelaku UMKM.


Ketua Harian Kadinda Lampung Yuria Putra Tubarat menyebutkan peluang usaha terbesar saat ini adalah menjadi pengusaha.

Menurut Yuria, saat ini teknologi telah semakin berkembang. Sehingga, sangat mudahkan masyarakat dalam memasarkan produk-produknya.

Ketua harian kadinda lampung ini juga menyebutkan, untuk menjadi pengusaha cukup dilakukan dengan hal-hal yang kecil. 

Contoh menjual nasi goreng atau makanan ke teman-teman terdekat.

Selain itu, yuria juga menyebut untuk menjadi pengusaha juga harus memiliki kreatifitas dalam memasarkan produk.


Laporan RILISLAMPUNG.ID/KALBI RIKARDO



Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID