Kemenag Lampung Laksanakan Rukyat Hilal di Pantai Canti
Wirahadikusumah
Rabu | 22/04/2020 22.47 WIB
Kemenag Lampung Laksanakan Rukyat Hilal di Pantai Canti
Plt. Kakanwil Kemenag Lampung Wasril Purnawan/Rilislampung.id

RILIS.ID, BANDARLAMPUNG – Kementerian Agama (Kemenag) Lampung rencananya menggelar pemantauan hilal (rukyatul hilal) untuk penentuan bulan Ramadan, Kamis (23/4/2020).

Plt. Kakanwil Kemenag Lampung Wasril Purnawan kepada Rilislampung, Rabu (22/4/2020) mengatakan, rukyatul hilal akan dilaksanakan di Bukit Gelumpai, Pantai Canti, Kalianda, Lampung Selatan.

Dia menjelaskan, untuk tahun ini, pemantauan hilal di Lampung hanya dilakukan di satu titik. Yakni, di Pulau Canti. Biasanya, pemantauan dilakukan pada beberapa tempat. Seperti di antaranya di Labuanjukung, Pesisir Barat.

”Tetapi, karena kita mempertimbangkan kondisi yang tengah terjadi wabah Corona ini, maka rukyatul hilal hanya dilakukan di satu titik. Yakni Pantai Canti. Namun, lokasi itu sudah mewakili,” kata dia.

Dia melanjutkan, tim untuk pemantauan hilal juga terbatas. Hanya sekitar 10 orang. Yang di antaranya terdiri dari ahli falaq untuk melakukan rukyat hilal.

Menurutnya, tim badan hisab dan rukyat (BHR), akan lakukan prosesi pengamatan hilal sekitar 16 menit. Dan dijadwalkan pukul 17.55 WIB.

”Usai tim BHR melakukan pengamatan, hasilnya akan dilaporkan ke Kemenag RI untuk dibahas dalam sidang isbat secara online bersama laporan dari provinsi lainnya,” jelasnya.

Wasril menambahkan, masyarakat nantinya bisa menunggu hasil sidang isbat Kemenag RI  tersebut dari media live streaming.

”Informasi hasil sidang isbat juga bisa disaksikan di media sosial resmi milik Kemenag RI,” pungkasnya.(*)

 


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID