Kenapa PKI Gagal di Indonesia? #part3
kontributor kontributor
lampung@rilis.id
Sabtu, 2020/10/03 19.44

RILIS.ID, TV Bandarlampung; Pada Selasa (29/9/2020), program Wira Corner di Channel Risilid TV Lampung mengundang seorang peneliti masalah-masalah 1965 di Indonesia.

Peneliti itu bernama Muhammad Harya Ramdhoni, Ph.D. Ia sudah belasan tahun meneliti persoalan 1965. Dalam diskusi bersama Wirahadikusumah itu, ia mengungkapkan persoalan di tahun 1965.

Ia juga mengungkapkan penyebab Partai Komunis Indonesia (PKI) gagal di Indonesia. Dhoni -sapaan akrab Muhammad Harya Ramdhoni- adalah alumnus Fisip Universitas Lampung (Unila) tahun 2004.

Lihat juga video part1

Skripsinya kala itu berjudul: Kritik Marxisme-Leninisme Terhadap Kegagalan Partai Komunis Indonesia dalam Ideologisasi Komunisme di Indonesia. Kemudian ia melanjutkan kuliah S-2 nya di Malaysia.

Yakni di Fakultas Sains Sosial dan Kemanusiaan Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM). Ia menamatkan studi S-2 nya di tahun 2006. Tesisnya juga berhubungan dengan PKI.

Judulnya adalah: Pemikiran Politik D.N. Aidit: Demokrasi Rakyat. Selanjutnya, pria yang juga seorang penulis karya-karya sastra dan pernah meraih Hadiah Sastra Rancage untuk sastra Lampung dari Yayasan Kebudayaan Rancage tahun 2018 ini kembali melanjutkan S-3 nya di UKM.

Lihat juga video part 2

Ia menamatkan studi S-3 nya pada tahun 2014. Disertasinya juga membahas pemikiran politik mantan Ketua PKI ke-2 di Indonesia Tan Malaka yang dibandingkan dengan pemikiran politik mantan Presiden RI Soekarno.

Judul disertasinya adalah: Negara, Revolusi dan Sosialisme: Perbandingan Pemikiran Politik Tan Malaka dan Soekarno.(*)

Lihat juga video menarik lainnya klik disini.



Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID