Lampung Siapkan 86 Event Pariwisata 2020
lampung@rilis.id
Minggu | 09/02/2020 21.55 WIB
Lampung Siapkan 86 Event Pariwisata 2020
FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Bandarlampung – Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim atau Nunik meluncurkan Calender of Event Pariwisata 2020 di Taman Gajah, Enggal, Bandarlampung, Minggu (9/2/2020).

Peluncuran ini diperkuat dengan layanan informasi pariwisata dan Lampung Great Sale. Sedikitnya 86 event yang akan ditaja di seluruh kabupaten/kota.

Menurut Nunik, kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara ke Lampung dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Tahun lalu, kunjungan mencapai 10.743.918 pelancong.

"Pariwisata menjadi salah satu sektor prioritas, selain pertanian dan industri. Bahkan pertanian didorong menjadi agrowisata. Terlebih transportasi di Provinsi Lampung semakin lancar dengan adanya bandara internasional, Jalan Tol Trans Sumatera, dermaga eksekutif," katanya saat sambutan.

Nunik menyatakan perkembangan pariwisata menjadi peluang dan tantangan bagi Lampung untuk bisa menjawab dengan kegiatan positif yang membawa efek positif bagi masyarakat. Juga membawa efek domino positif bagi sektor lainnya.

"Peningkatan sektor pariwisata akan berdampak positif bagi sektor lainnya, seperti peningkatan perekonomian masyarakat," jelasnya.

Meski begitu, Nunik menyoroti pembangunan fisik yang harus diimbangi dengan pembangunan sumber daya manusia (SDM).

"Kalau bicara infrastruktur, ketertiban dan keamanan, selalu ada jawaban dengan memaksimalkan pembangunannya. Lampung tidak cukup membangun dengan fisik saja, tetapi juga harus membangun SDM dan peluang ekonomi, termasuk pariwisata," ujarnya.

Sebab menurutnya, dalam membangun wisata dibutuhkan kreativitas, kejelian, dan semangat, yang harus dimiliki SDM wisatanya.

Karenanya, Pemprov Lampung bersama Kementerian Tenaga Kerja akan membangun Balai Latihan Kerja (BLK) di Pesisir Barat dalam rangka peningkatan SDM wisata.

"Untuk saat ini bicara wisata internasional itu ada di Krui, Pesisir Barat, jadi akan dibangun di sana terlebih dahulu, dan akan dilakukan peninjauan," tandasnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Lampung Edarwan menjelaskan peluncuran agenda pariwisata ini dalam rangka meningkatkan kunjungan wisata dengan melaksanakan event-event menarik bagi wisatawan nusantara dan manacanegara. Sekaligus bertujuan untuk mendukung program Lampung Kaya Festival.

Edarwan menambahkan layanan infomasi pariwisata merupakan wadah informasi pariwisata bagi wisatawan nusantara dan mancanegara. Layanan ini akan menjawab kebutuhan wisatawan berupa informasi destinasi wisata, akomodasi, rumah makan, tempat souvenir hingga pola perjalanan wisata.

Sedangkan Lampung Great Sale adalah kegiatan yang dilaksanakan selama dua kali dalam setahun, yaitu dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Lampung dan Festival Krakatau.

"Kegiatan ini diikuti industri pariwisata, seperti hotel, restoran/rumah makan/cafe, pusat oleh-oleh, pusat perbelanjaan, gerai busana dan taman rekreasi," bebernya.

Diharapkannya, agenda pariwisata ini akan menarik wisatawan ke Lampung.

“Diharapkan adanya sinergi, kontribusi, dan kolaborasi dari berbagai stakeholder pariwisata dalam rangka mendukung kemajuan pariwisata di Lampung," pungkasnya. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID