Mabes Polri Diserang, Polda-Polres se-Lampung Perketat Penjagaan
lampung@rilis.id
Kamis | 01/04/2021 12.05 WIB
Mabes Polri Diserang, Polda-Polres se-Lampung Perketat Penjagaan
Ilustrasi Kalbi Rikardo/Rilislampung.id

RILIS.ID, BANDARLAMPUNG – Aksi terduga teroris yang menyerang Mabes Polri pada Rabu (31/3/2021) sore direspons Polda Lampung dan jajarannya.

Pengamanan di markas korps Bhayangkara yang ada di Lampung diperketat penjagaannya.

Wakapolda Lampung Brigjen Subiyanto membenarkan perihal pengetatan penjagaan terhadap kantor-kantor polisi di Lampung tersbeut. Terkhusus penjagaan di bagian depan hingga belakang kantor masing-masing.

Menurutnya, setiap pengunjung yang datang ke Mapolda, Mapolres, maupun Mapolsek wajib diperiksa identitasnya.

”Kewaspadaan memang kami tingkatkan. Tidak hanya di kantor, patroli, memonitor situasi, call center harus terus dilakukan. Tidak ada juga yang boleh tidur selama penjagaan,” ujarnya di Mapolda Lampung, Rabu (31/3/2021) malam.

Pantauan Rilislampung.id di Polda Lampung Rabu malam, terlihat puluhan anggota dari Brimob dan Sabhara melakukan penjagaan di sekitaran pintu masuk Mapolda Lampung.

Para pengunjung yang hendak masuk maupun keluar mapolda harus ada izin. Semuanya dilakukan pemeriksaan badan hingga identitas.

Senada disampaikan Kapolda Lampung Irjen Hendro Sugiatno melalui Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad. Ia mengatakan, Kapolda memang telah menginstruksikan kepada markas komando baik Polda, Polresta dan Polres serta Polsek di Lampung untuk melakukan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD). 

Selain itu, menginstruksikan penjagaan dilakukan bukan hanya sekadar berjaga tetapi melakukan patroli, pengetatan pemeriksaan dan cek body system. 

”Kita tingkatkan pemeriksaan, penjagaan, dan pengawasan lebih ketat,” ujarnya.

Peningkatan pengawasan ini, imbuh dia, dilakukan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). 

Sementara, pantauan Rilislampung.id Rabu malam, penjagaan ketat juga dilakukan di Mapolsek Sekampungudik, Lampung Timur. Terlihat gerbang di portal. Selain itu, terdapat tiga polisi memakai rompi anti peluru, helm, dan senjata laras panjang berdiri balik portal.

Pengamanan ketat juga terlihat di Polsek Tanjungraya. Kapolsek Tanjungraya Iptu Suldi mengatakan, pihaknya memang mulai Rabu malam memperketat penjagaan di mako dan asrama.

Yakni dengan menambah personel penjagaan dan melakukan patroli guna membuat rasa aman bagi masyarakat.

”Apabila ada masyarakat masuk ke Polsek, maka kami akan periksa semua identitasnya,” jelasnya.

Pengamanan ketat juga terlihat di Mapolres Pringsewu. Kabag Ops Polres Pringsewu AKP Martono mewakili Kapolres Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri mengatakan, saat ini pihaknya sudah meningkatan keamanan di jajaran dan beberapa titik yang dinilai rawan. Termasuk pos pantau dan kantor polsek.

”Sesuai arahan, kami sudah melakukan peningkatan kewaspadaan di tingkat pos, polsek dan polres,” ujarnya.

Ia mengatakan, sesuai SOP, setiap pengunjung yang memasuki area markas kepolisian akan dicek secara detail. Baik barang bawaan dan identitasnya.

Tak hanya itu, saat ini masing-masing anggota wajib menerapkan body system atau memberi pengamanan antara satu personil lainnya. Sehingga, jika terjadi sebuah serangan saling mendapat keamanan.(*)

Editor Wirahadikusumah


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID