Nunik Berharap Plh Bupati dan Wali Kota Mampu Kendalikan Covid-19
Segan Simanjuntak
Rabu | 17/02/2021 16.27 WIB
Nunik Berharap Plh Bupati dan Wali Kota Mampu Kendalikan Covid-19
Wagub Lampung Chusnunia Chalim menyerahkan surat tugas Plh kepala daerah di Gedung Pusiban, Rabu (17/2/2021). FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Bandarlampung – Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim atau Nunik menyerahkan surat tugas Pelaksana harian (Plh) bupati dan wali kota kepada delapan sekretaris daerah (sekda) di Gedung Pusiban, Rabu (17/2/2020).

Penyerahan surat tugas Plh dilakukan untuk mengisi kekosongan kepemimpinan setelah berakhirnya masa jabatan delapan kepala daerah periode 2016-2021.

Menurut Nunik, tugas Plh kepala daerah adalah memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah yang tidak bersifat strategis.

Juga memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat dan menjamin terselenggaranya pelayanan publik secara baik dan lancar.

"Plh bupati dan wali kota tidak berwenang mengambil keputusan dan atau tindakan yang bersifat strategis yang berdampak pada perubahan status hukum pada aspek organisasi, kepegawaian, dan alokasi anggaran," ujarnya.

Jika keputusan yang akan diambil bersifat mendesak, maka dapat mengajukan izin untuk membuat atau melaksanakan keputusan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Pada kesempatan itu, Nunik juga meminta Plh kepala daerah mampu mengendalikan penyebaran virus corona dengan memaksimalkan peran dan tugas Satgas Penanganan Covid-19 sampai ke tingkat kelurahan atau desa.

"Libatkan seluruh unsur terkait," pinta mantan Bupati Lampung Timur itu. Baca: Delapan Sekda Ditunjuk Jadi Plh Bupati dan Wali Kota di Lampung

Adapun delapan Sekda yang menerima surat tugas Plh kepala daerah adalah Badri Tamam sebagai Plh Wali Kota Bandarlampung, Misnan menjadi Plh Wali Kota Metro Misnan, Thamrin sebagai Plh Bupati Lampung Selatan, Kesuma Dewangsa ditunjuk Plh Bupati Pesawaran.

Kemudian Tarmizi sebagai Plh Bupati Lampung Timur, Nirlan menjabat Plh Bupati Lampung Tengah, Saipul didapuk jadi Plh Bupati Waykanan, dan N. Lingga Kusuma sebagai Plh Bupati Pesisir Barat. (*)


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID