Optimalkan PAD, Pemkot Metro-Bank Lampung Sepakat Pasang Tapping Box - RILIS.ID
Optimalkan PAD, Pemkot Metro-Bank Lampung Sepakat Pasang Tapping Box
lampung@rilis.id
Senin | 01/07/2019 13.13 WIB
Optimalkan PAD, Pemkot Metro-Bank Lampung Sepakat Pasang Tapping Box
Wali Kota Metro Achmad Pairin dan Direktur Utama Bank Lampung Eria Desomsoni menandatangani nota kesepahaman pemanfaatan tapping box di aula kantor Wali Kota Metro, Senin (1/7/2019). FOTO: IST

RILIS.ID, Metro – Direktur Utama Bank Lampung Eria Desomsoni dan Wali Kota Metro Achmad Pairin melakukan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) pemanfaatan sistem perekam transaksi usaha atau tapping box.

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan di Aula Kantor Wali Kota Metro, Senin (1/7/2019). Turut hadir Wakil Wali Kota Djohan dan Sekkot Nasir A.T.

Dirut Bank Lampung Eria Desomsoni mengatakan, pemasangan tapping box merupakan komitmen Bank Lampung untuk membantu pemerintah daerah mengoptimalkan pendapatan asli daerah (PAD).

Tapping box adalah alat yang dipasang untuk merekam transaksi antara konsumen dengan pelaku usaha guna mencegah kebocoran PAD,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Rilislampung.id, Senin (1/7/2019).

Pemasangan tapping box dilakukan di restoran, hotel dan tempat parker. Termasuk dipasang untuk pajak air tanah di perusahaan-perusahaan yang ada di wilayah Lampung.

“Dengan alat ini, penerimaan daerah dapat terkontrol serta membantu meningkatkan pendapatan daerah khususnya di sektor pajak," ujar Eria.

Eria berharap pemasangan 19 unit tapping box tahap pertama akan meningkatkan PAD Kota Metro.

“Kami juga mengajak seluruh wajib pajak yang ada di Kota Metro untuk memanfaatkan produk-produk layanan Bank Lampung. Saatnya kita maju bersama," imbuhnya.

Sementara Wali Kota Metro Achmad Pairin berharap pemasangan tapping box dapat memajukan Kota Metro. Ia juga akan membentuk tim untuk mengontrol penggunaan tapping box secara efisien.

“Tahun 2018 kemarin PAD Kota Metro sebesar Rp146 miliar, dan saya berharap tahun ini angka tersebut dapat lebih meningkat," katanya.

Selain Metro, Bank Lampung juga telah berkerjasama dengan Pemkot Bandarlampung, Pemkab Lampung Selatan dan Lampung Tengah.

Hingga saat ini, tapping box yang sudah terpasang di Bandarlampung mencapai 200 unit pada tahap pertama di November 2018. Tahap kedua 100 unit dalam proses pemasangan.

Dari 200 tapping box yang sudah dipasang, PAD Pemkot Bandarlampung kini naik Rp2,5 hingga Rp3 miliar per bulan. Itu berasal dari pajak restoran, hotel, dan tempat hiburan.

Di Lampung Selatan terpasang 30 unit pada tahap pertama pada November 2018. Tahap kedua 30 unit dan baru terpasang lima unit. Sementara Lampung Tengah 30 unit. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID