Pencuri Ditangkap Ambil 23 Tandan Sawit Milik Petani Plasma
Aripin
Minggu | 07/03/2021 22.58 WIB
Pencuri Ditangkap Ambil 23 Tandan Sawit Milik Petani Plasma
Polisi sita puluhan tandan sawit hasil curian. Foto: Istimewa

RILIS.ID, Mesuji – Tim Khusus Anti Bandit (Tekab) 308 Polres Mesuji bersama anggota Polsek Tanjung Raya menangkap satu tersangka pencurian buah sawit plasma. Tersangka yang bernama Eko (30) itu melakukan pencuria di wilayah Blok A1, Desa Mekar Jaya, Kecamatan Tanjung Raya.

Kepala Desa Mekar Jaya, Sarno mengatakan, penangkapan itu dilakukan setelah seringnya terjadi kehilangan buah sawit di tempat kelompok tani plasma bekerja.

Guna mengantisipasi pencurian kembali, sekelompok petani pun melakukan patroli malam di perkebunan sawit hingga malam.

“Saat berjaga itu, salah satu anggota kelompok kami melihat satu orang sedang memanen sawit menggunakan sebuah alat egrek. Ketika ditegur tersangka malah langsung melarikan diri ke dalam kebun dan meninggalkan motor, senter dan buah sawit yang sudah dipanen berjumlah 23 buah,” ungkap Sarno.

Karena saat itu hujan deras tersangka pun dibiarkan lari, namun karena identitasnya sudah diketahui, tersangka dijemput ke rumahnya dan dibawa ke balai desa.

“Saat diinterogasi di hadapan masyarakat, pelaku sempat tidak mengakui perbuatannya, hingga akhirnya tersangka dibawa ke kantor polisi oleh Tim Tekab 308 dan Polsek Tanjung Raya,” tambah Sarno.

Eko mengakui, ia mengambil buah sawit itu baru satu kali, untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

“Saya kesulitan ekonomi karena hanya seorang buruh kebun sawit. Saya harus memberi makan kedua anak saya,” lirih Eko di kantor Mapolsek Tanjung Raya.

Kapolsek Tanjung Raya Iptu Suldi mengatakan tersangka masih terus diperiksa dan meminta keterangan saksi lain. Polisi juga menyita barang bukti 23 tandan buah sawit, alat egrek sawit, senter, dan motor tersangka.(*)

Editor Andry Kurniawan


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID