Pengelolaan Dana BumKam di Tuba Diduga Tidak Tepat Sasaran

Kamis | 24/01/2019 18.55 WIB
Pengelolaan Dana BumKam di Tuba Diduga Tidak Tepat Sasaran
Kepala Kampung Tridarma Wirajaya Tatang dan Pengelola BumKam saat menjelaskan soal pinjaman dana BumKam.. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/Setya Budi Pramana

RILIS.ID, Tulangbawang – Program Badan Usaha Milik Kampung (BumKam) dalam bentuk guliran simpan pinjam di Kampung Tridarma Wirajaya Kecamatan Banjaragung Kabupaten Tulangbawang, disoal.

Pengelola BumKam diduga telah memberikan pinjaman kepada oknum pegawai Kecamatan Banjaragung. Tak hanya itu, juga diduga memberikan pinjaman modal kepada orang  yang bukan berhak menerimanya.

"Ada oknum pegawai Kecamatan Banjaragung telah pinjam uang di BumKam untuk usaha bisnisnya. Semestinya itu tidak boleh, karena dia adalah pegawai. Uang itu untuk bantu pedagang kecil. Bukan untuk bantu pegawai negeri,” ujar sumber yang enggan disebutkan namanya, Kamis (24/1/2019).

Terpisah, Kepala Kampung Tridarma Wirajaya Tatang saat dikonfirmasi membantah atas tudingan miring tersebut. Menurutnya, pengelolaan dana BumKam sudah tepat sasaran.

"Tidak ada pegawai kecamatan yang pinjam didana BumKam. Mungkin bisa jadi pinjamnya di dana Badan Usaha Milik Antar Kampung (BumaKam). Itu salah sebut. BumaKam bukan BumKam," ujarnya, Kamis (24/1/2019).

Sayangnya, Tatang enggan dan melarang pengurus BumKam untuk menunjukkan daftar nama-nama peminjam dana BumKam yang bersumber dari dana desa itu.

"Enggak usah diambil. Gak usah ditunjukkan. Dia tidak pinjam di sini. Peminjamnya adalah orang-orang kampung sini, tidak ada dari kecamatan," kata dia.(*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID