Petani Pesawaran Sampaikan Aspirasi ke Anggota DPD RI Ahmad Bastian
lampung@rilis.id
Kamis | 06/08/2020 15.07 WIB
Petani Pesawaran Sampaikan Aspirasi ke Anggota DPD RI Ahmad Bastian
Anggota DPD RI Ahmad Bastian. FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Pesawaran – Anggota DPD RI Dapil Lampung Ahmad Bastian SY melakukan reses di Desa Ceringin Asri, Kecamatan Wayratai, Kabupaten Pesawaran, Kamis (8/7/2020).

Senator Lampung itu menerima aspirasi dari petani yang tergabung dalam Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) se-Kecamatan Wayratai.

"Di Desa Banyumas, Ceringin Asri, terdapat jembatan penghubung dusun yang di pisahkan oleh sungai, sedangkan jembatan saat ini sudah tidak dapat dipakai, sehingga akses penghubung antar-dusun putus," ujar salah seorang petani bernama Latohid.

Cokroaminoto, warga Desa Harapanjaya juga menyampaikan aspirasinya terkait kekeringan air yang dialami para petani di wilayah pegunungan.

"Kami telah memasukan proposal ke Balai Besar (Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung), harapannya dapat dikawal progessnya," pintanya.

Sementara Kelompok Tani Usaha Makmud dan Suka Subur II mengajukan bantuan traktor (bajak) capung untuk pengolahan lahan.

"Di desa kami irigasinya sudah tidak layak pakai, sehingga air sulit sampai ke sawah dan harapannya ada bantuan prasana bajak capung," ucap Maryono dari Kelompok Tani Suka Subur II diamini Sukianto dari Kelompok Tani Usaha Makmud, Desa Pesawaran Indah.

Sedangkan, Kelompok Tani Mekar Jaya menyampaikan permohonan bantuan sumur bor untuk mengatasi kekeringan di musim kemarau.

Berbeda disampaikan Puryanto, warga Desa Persiapan Kalirejo. Ia mempertanyakan proses pemekaran Desa Wates.

"Sudah hampir 4 tahun status desa kami masih berstatus persiapan pemekaran dari Wates, namun belum ada progess kelanjutan pemekaran," katanya.

Kepala Desa Pesawaran Indah Iman Faqih menambahkan di wilayahnya ada delapan gabungan kelompok tani (Gapoktan) dengan lahan persawahan terletak di pegunungan.

"Untuk P3A proposal kami sudah di Balai Besar mohon dikawal agar terealisasi. Dan saya sudah menitipkan proposal siring pasang," ujarnya. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID