Songsong Normal Baru, Pemkab Tuba Perketat Prokotol Kesehatan di Tujuh Sektor Ini
lampung@rilis.id
Jumat | 19/06/2020 10.42 WIB
Songsong Normal Baru, Pemkab Tuba Perketat Prokotol Kesehatan di Tujuh Sektor Ini
Bupati Tulangbawang Winarti. FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Tulangbawang – Sejumlah daerah di Lampung tengah menyiapkan langkah untuk menyongsong era kenormalan baru atau lebih dikenal new normal. Salah satunya adalah Kabupaten Tulangbawang (Tuba).

Dipimpin Bupati Tuba Winarti, Pemkab setempat melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan yang aman dan produktif.

Kegiatan tersebut dihadiri Kapolres Tuba AKBP Andi Siswantoro, S.I.K. dan Dandim 0426 Tulangbawang Letkol Inf. Kohir.

“Ini sebagai langkah awal untuk mempersatukan semangat kebersamaan, bergotong royong dalam Bergerak Melayani Warga (BMW) guna mewujudkan tatanan new normal di Kabupaten Tulangbawang,” kata Bupati Tuba Winarti, Kamis (18/6/2020).

Menurutnya, penerapan protokol kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk menuju tatanan baru.

"Tugas kita bersama untuk menyampaikan kepada keluarga, saudara dan masyarakat. Ini masalah kebiasaan, merubah kebiasaan, kita harus ikuti protokol kesehatan,” ujarnya.

Winarti menegaskan pengetatan prokotol kesehatan diutamakan pada tujuh sektor. Yakni perkantoran, swalayan, pasar tradisional, tempat wisata, hotel, rumah makan dan fasilitas umum.

Untuk memulihkan ekonomi, Winarti juga mengajak seluruh elemen masyarakat Tuba mematuhi protokol kesehatan, sehingga dapat mendukung dan berperan aktif dalam menyukseskan persiapan pemberlakuan new normal.

"Saya harapkan persiapan penerapan new normal di Kabupaten Tulangbawang dapat berjalan lancar dengan dukungan semua pihak, mulai dari tingkat kampung, kecamatan, hingga kabupaten. Sehingga, manfaatnya nanti masyarakat dapat hidup aman dan nyaman, serta dapat kembali memperbaiki ekonomi dan kesejahteraannya," harapnya.

Pihaknya juga akan terus melakukan berbagai upaya strategis dalam pencegahan dan penanganan dampak Covid-19. Termasuk mengevaluasi persiapan new normal dengan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan pusat.

Pada kesempatan itu, Winarti juga memastikan program BMW tetap berjalan di masa pandemi Covid 19.

“Namun yang perlu dipahami, untuk pembangunan fisik banyak yang ditunda. Karena sesuai arahan pemerintah pusat, fokus anggaran daerah saat ini juga diprioritaskan pada penanganan dampak Covid-19,” ucapnya.

Diketahui, Pemkab Tuba telah menggulirkan berbagai bantuan untuk masyarakat terdampak Covid-19 di 15 kecamatan beberapa waktu lalu.

Sementara Dandim 0426 Tulangbawang Letkol Inf. Kohir menyampaikan bahwa operasi persiapan penerapan pelaksanaan normal baru bisa berhasil jika muncul kesadaran dari masyarakat.

"Tugas kita semua memberikan pemahaman kepada masyarakat agar patuh protokol kesehatan, gunakan selalu masker dan ikuti patuhi anjuran pemerintah," tuturnya.

Hal senada disampaikan Kapolres Tuba AKBP Andi Siswantoro. Menurutnya, kunci keberhasilan menangani penyebaran virus corona adalah disiplin.

"Polri, TNI dan gugus tugas dan Bapak-bapak semua adalah agen dalam pelaksanaan pendisiplinan ini," ucapnya. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)

 





2019 | WWW.RILIS.ID