Waduh! Imbas Corona, Stok Darah PMI Berkurang Drastis
Muhammad Iqbal
Minggu | 29/03/2020 19.44 WIB
Waduh! Imbas Corona, Stok Darah PMI Berkurang Drastis
Ilustrasi ANTO/RILISLAMPUNG.ID

RILIS.ID, BANDARLAMPUNG – Dampak pandemi virus Corona (Covid-19) menyentuh ke berbagai sektor. Termasuk juga stok darah yang ada di Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Lampung.

Kepala UTD PMI Lampung dr. Aditya M. Biomed mengatakan, stok darah yang ada di instansinya tidak seperti biasanya.

”Kami tidak bisa menyebutkan angka pasti untuk stok darah ini, namun saat ini kondisinya, jika pada hari biasa 80 persen kebutuhan terpenuhi, tapi saat ini hanya mencapai angka 30 persen,” ujarnya kepada Rilislampung.id, Minggu (29/3/2020).

Dia menduga, hal ini karena ada rasa takut masyarakat dan imbauan dari pemerintah untuk tidak melakukan kegiatan yang bersifat berkumpul atau berdekatan dengan orang lain.

”Saat ini kan kita sedang melakukan sosial distancing, sesuai anjuran pemerintah. Tapi yang menjadi korban juga saat ini adalah para pasien demam berdarah, yang mana rata-rata membutuhkan transfusi darah,” jelasnya.

Menurut dia, permasalahan ini bukan hanya terjadi di Provinsi Lampung, tetapi juga di UTD PMI yang ada di seluruh Indonesia.

”Penyebabnya semua sama,” katanya.

Aditia menjelaskan, saat ini, jika ada masyarakat yang ingin mendonorkan darah, pihaknya menerapkan prosedur pengecekan covid-19 terlebih dahulu, dengan cara menyemprotkan cairan disinfektan dan mengukur suhu tubuh pendonor.

”Transfusinya dilakukan di ruangan secara bergantian. Tidak seperti biasanya, dengan berkumpul dalam satu ruangan yang sama,” pungkasnya.

Terpisah, Kabidhumas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad mengajak masyarakat agar tetap mau melakukan kegiatan sosial di tengah wabah yang melanda saat ini.

”Hari ini (Minggu, 29/3/2020), saya mendonorkan darah. Saya juga mengajak semuanya untuk tetap mendonorkan darah kita,” katanya.(*)

Editor Wirahadikusumah


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID