Agenda TBL: Pameran di Bulan Juli, Sarasehan 27 Maret - RILIS.ID
Agenda TBL: Pameran di Bulan Juli, Sarasehan 27 Maret
lampung@rilis.id
Senin | 26/03/2018 21.21 WIB
Agenda TBL: Pameran di Bulan Juli, Sarasehan 27 Maret
Ilustrasi

RILIS.ID, Bandarlampung – Taman Budaya Lampung (TBL) akan menggelar sarasehan pada Selasa (27/3/2018) besok. Acara itu untuk mensosialisasikan tema pameran, yang rencananya dihelat pada Juli mendatang.

Salah satu kurator, Joko Irianta menjelaskan pameran kali ini mengusung tema Akulturasi. ”Sehingga karya yang dipresentasikan lebih luas,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima rilislampung.id, Senin (26/3/2018).

Biasanya, dalam pameran hanya mempresentasikan karya lukis. Namun berbeda kali ini. TBL juga mengapresiasi karya mural dengan konsep kehidupan sosial serta budaya masyarakat Lampung dulu dan kekinian.

Dia berharap para penggiat seni, lebih khusus seni lukis dan mural, ikut ambil bagian dalam sarasehan dimaksud. ”Dengan begitu, peserta lebih mudah menerjemahkan teks rupa dalam bahasa gambar,” imbuh David, kurator lainnya.

Menurut Joko, kebudayaan ditransmisikan pada kelompok lain melalui proses inkulturasi. Pada saatnya akan menimbulkan pandangan baru yang khas dalam memandang dunia, dengan bentuk aturan-aturan yang dibakukan atas dasar konsesus bersama.

Hal itu akan memberi peluang terciptanya pilihan-pilihan yang konsisten dan sistematik berwujud gaya hidup, pakaian, dan bangunan.

Selain itu, gaya seni sebagai proses pencampuran dua kebudayaan atau lebih yang saling bertemu dan mempengaruhi. ”Inilah yang disebut akulturasi yang bermakna sebagai proses masuknya kebudayaan asing terhadap suatu masyarakat,” paparnya.

Tidak bisa dipungkiri, tambah David, arus budaya kekinian terus merambah pada masyarakat budaya lokal saat ini. ”Kita tidak bisa membendung budaya kekinian tersebut karena tuntutan zaman memaksa selalu mengikuti perkembangan. Tentunya dengan tidak meninggalkan budaya kedaerahan dengan mengedepankan kearifan lokal,” tutup David. (*)    

 

  

Editor Gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID