Akhir 2018, Jembatan Timbang Way Urang Dibuka Lagi

Senin | 11/06/2018 21.49 WIB
Akhir 2018, Jembatan Timbang Way Urang Dibuka Lagi
Yoyo Arianto selaku Kasi Prasaran Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VI Provinsi Bengkulu dan Lampung. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/Bayumi Adinata

RILIS.ID, – Akhir tahun ini, satu dari empat jembatan timbang di Provinsi Lampung akan kembali dibuka. Yakni, jembatan timbang Way Urang, Kabupaten Lampung Selatan.

Hal ini disampaikan Yoyo Arianto selaku Kepala Seksi (Kasi) Sarana Prasaran Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VI Provinsi Bengkulu dan Lampung.

Yoyo mengatakan sarana dan prasarana jembatan timbang di Way urang saat ini sudah mencapai 100 persen, tinggal finishing saja. "Nah Insya Allah akhir tahun ini akan segera kita buka,” terangnya, Senin (11/6/2018).

Ia belum bisa memastikan ketiga jembatan timbang lainnya kapan akan dibuka yaitu Jembatan Timbang Gayam, Lampung Selatan, Jembatan Timbang Blambangan Umpu, Waykanan dan Jembatan Timbang Simpang Pematang Kabupaten Mesuji.

"Karena ketiga jembatan timbang tersebut masih belum di rehab sarana dan prasarananya terkendala anggaran," kata Yoyo.

Menurut Yoyo, jembatan timbang dioperasikan kembali lantaranya banyaknya kendaraan bermuatan lebih yang melintas di Jalan nasional yang menyebabkan jalan nasional rusak parah.

Ia juga menjelaskan bahwa jembatan timbang Way urang merupakan tempat jalur masuknya kendaraan yang ingin menuju ke Sumatera, maka dari itu pihaknya akhir tahun ini segera membuka jembatan timbang tersebut.

“Dengan tujuan agar kendaraan bermuatan lebih bisa kita periksa dan mengantisipasi kerusakan jalan nasional," ujarnya.

Masih kata Yoyo, BPTD Wilayah VI Provinsi Bengkulu dan Lampung juga telah membuka satu jembatan timbang yang ada di Provinsi Bengkulu, tepatnya di wilayah Padang Ulak Tanding pada Bulan Oktober 2017 yang lalu.

“Sehingga Kemenhub meminta Provinsi Lampung juga membuka satu jembatan timbang yang berada di wilayah Way urang Kabupaten Lampung Selatan, " ucap dia

Terpisah, Dinas Perhubungan Provinsi Lampung melalui Kepala Seksi UPTD Badan Sistem Operasional Transportasi (BSOT), Mandali Adam, membenarkan akan dibuka kembali jembatan timbang yang ada di wilayah Way Urang.

Menurutnya ini merupakan bentuk ketegasan pemerintah pusat untuk membuka kembali jembatan timbang yang ada di Provinsi Lampung.

"Karena selama diambil alih pemerintah pusat pada tanggal 13 November 2016, sampai saat ini jembatan timbang tersebut tidak pernah beroperasi yang mengakibatkan kendaraan bermuatan melebihi kapasitas merajalela," singkat dia. (*) 

Editor


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID