Akhir Tahun, Polres Waykanan Pamer BB Senpi
Yulianto
Rabu | 23/12/2020 21.58 WIB
Akhir Tahun, Polres Waykanan Pamer BB Senpi
Kompol Suharjono saat pers rilis di halaman Mako Polres Waykanan. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/ Yulianto

RILIS.ID, Waykanan – Satreskrim Polres Waykanan menggelar konferensi pers akhir tahun 2020 di halaman markas kepolisian setempat, Rabu (23/12/2020).

Berbagai barang bukti hasil kejahatan dipertontonkan, dari sajam sampai senjata api (senpi) rakitan jenis pistol. Senjata laras panjang rakitan jenis locok ikut terpampang di meja barang bukti (BB).

Kabag OPS Kompol Suharjono mewakili Kapolres AKPB Binsar Manurung, menjelaskan, tidak semua BB hasil dari kejahatan yang sudah dilakukan.

”Ada beberapa senjata yang sengaja diserahkan langsung oleh masyarakat karena sadar memiliki senjata ilegal tidak dibenarkan oleh hukum,” paparnya.

Ia didampingi Kasatreskrim Iptu Des Herison Syafutra dan Ketua DPRD Waykanan Nikman Karim.

”Puluhan senjata tersebut nantinya akan dimusnahkan menggunakan mesin pemotong besi,” imbuhnya.

Meski demikian kasus kriminal di Waykanan pada 2020 meningkat dibanding tahun sebelumnya. Yakni dari Januari sampai Desember ada 284 kasus sementara pada 2019 sebanyak 239 perkara.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, lanjut dia, Polres Waykanan mengambil langkah-langkah dengan mengoptimalkan segenap sumber daya internal dan eksternal.

Selain itu melakukan deteksi dini menyentuh akar permasalahan, mengutamakan tindakan preemtif (soft power) dan preventif (fungsi Sabhara sebagai back bone operasional).

Juga melakukan penegakan hukum dengan tegas dan humanis berdasarkan prosedur dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku serta menghormati hak asasi manusia. (*)

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID