Alay Serahkan Rp1 Miliar sebagai Pengganti Kerugian Negara
Muhammad Iqbal
Jumat | 22/03/2019 18.39 WIB
Alay Serahkan Rp1 Miliar sebagai Pengganti Kerugian Negara
Aspidsus Kejati Lampung Andi Suharlis saat menerima pemulangan uang pengganti dari Alay, Jumat (22/3/2019). Foto: Humas Kejati Lampung

RILIS.ID, Bandarlampung – Setelah buron kurang lebih lima tahun dan kini tertangkap, Sugiarto Wiharjo alias Alay, Bos Tripanca Group, kini melakukan penggantian kerugian negara sebesar Rp1 Miliar dari total nilai kerugian negara sebesar Rp106,8 Miliar terkait kasus korupsi APBD Kabupaten Lampung Timur.

"Iya yang bersangkutan melalui kuasa hukumnya memulangkan uang pengganti Rp.1 miliar. Ini komitmen yang akan kita tindak lanjut terus. Kita harap terpidana dapat memenuhinya," kata Aspidsus Kejati Lampung Andi Suharlis, , Jumat (22/3/2019).

Menurutnya, uang pengganti tersebut berdasarkan putusan Mahkamah Agung (MA) Nomor 510/K/PID.SUS/2014 tanggal 21 Mei 2014. 

"Saat ini Kejati sedang melakukan pelacakan aset-aset milik Alay, dan sudah berhasil mendapatkan 16 item aset milik Alay. Dimana 16 item itu terdiri dari bangunan dan tanah. Ada di Kota Bandarlampung, Lampung Selatan, Pesawaran dan Tulangbawang. Nantinya aset-aset itu akan dilelang untuk melunasi uang pengganti tadi," jelasnya 

Terpisah Sujarwo selaku kuasa hukum Alay menjelaskan pemulangan uang pengganti Rp.1 miliar tersebut merupakan bentuk kooperatif kliennya tersebut. 

"Ya itu bentuk kooperatid klien kami, nantinya kita juga akan bantu Kejati untuk menelusuri aset-aset Alay yang lain. Lokasinya ya rahasia," singkatnya melalui sambungan telpon.(*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID