Bawaslu Janji Terus Usut Dugaan Pelanggaran Caleg DPR RI

Jumat | 22/03/2019 15.13 WIB
Bawaslu Janji Terus Usut Dugaan Pelanggaran Caleg DPR RI
Bawaslu. ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman

RILIS.ID, Bandarlampung – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandarlampung menebar janji. Mereka akan terus menidaklanjuti dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan calon legislatif (caleg) DPR RI daerah pemilihan Lampung I, Zulkifli Anwar.

Zulkifli Anwar diduga memasang iklan kampanye. Mantan Bupati Lampung Selatan (Lamsel) itu dibidik dengan pelanggaran pidana dan administrasi pemilu.

Anggota Bawaslu Kota Bandarlampung, Yahnu Wiguno Sanyoto, menerangkan tak hanya Zulkifli. Mulai Senin (25/3/2019) mendatang, bersama anggota penegakkan hukum terpadu (Gakkumdu) lainnya, bawaslu akan memanggil semua pihak yang diduga bermasalah.

”Bawaslu melakukan klarifikasi, penyidik (kepolisian) akan melakukan penyelidikan, dan jaksa memonitoring kegiatan klarifikasi dan penyelidikan,” ungkapnya, Jumat (22/3/2019) via WhatsApp.

Lelaki yang mengaku sedang di Jakarta lantaran ada kegiatan ini, menerangkan dugaan pelanggaran Zulkifli telah memenuhi syarat formil dan materil untuk ke tahap selanjutnya.

Anggota Bawaslu Kota Bandarlampung, Yusni ilham, menambahkan dalam pembahasan bersama Gakkumdu,

dugaan pelanggaran pidana pemilu Zulkifli telah diregistrasi dan masuk pembahasan pertama.

Sedangkan, untuk dugaan pelanggaran administrasi caleg Partai Demokrat itu tengah diproses untuk diajukan pengajuan ke Bawaslu Lampung.

Zulkifli sendiri sebelumnya tidak memenuhi panggilan Bawaslu Bandarlampung, Selasa (19/3/2019) lalu.

Sayang berkali-kali dihubungi di nomor telepon 0811 720xxx untuk dikonfirmasi masalah ini Zulkifli tidak merespons. (*)

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID