Bawaslu Nilai Kampanye Capres 01 di Lamteng Libatkan Anak-Anak
lampung@rilis.id
Sabtu | 09/03/2019 19.47 WIB
Bawaslu Nilai Kampanye Capres 01 di Lamteng Libatkan Anak-Anak
Kampanye Jokowi di Lamteng. FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Bandarlampung – Bawaslu Lampung Tengah (Lamteng) menilai saat kampanye capres petahana nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) di Lapangan Karang Endah, Kecamatan Terbanggibesar, Jumat (8/3/2019), melibatkan anak-anak.

Hal itu diungkapkan koordinator Bidang Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Lamteng, Edwin Nur, Sabtu (9/3/2019).

“Kami lihat libatkan anak-anak, maka kami lakukan pencegahan, untuk minta dilepaskan jika memakai kaos 01, yang ada tulisan kampanye,“ kata dia.

Bawaslu dalam hal ini untuk memastikan bahwa kampanye tidak melibatkan anak yang belum punya hak pilihnya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah, menegaskan pihaknya sudah melakukan pencegahan kepada panitia agar tidak melibatkan anak-anak dalam kampanye.

“Terkait anak-anak “melibatkan” adalah tindakan “aktif” misalnya dalam surat undangan yang disampaikan panitia itu yang diundang adalah anak-anak dibawah umur, tapi kalau anak-anak mendekat karena keramaian ada artis dan lainnya, maka bukan pelanggaran kampanye. Nah disinilah fungsi pencegahan dilapangan atau di tkp dilakukan,“ kata Khoir.

Dia mencontohkan, saat pilgub lalu kampanye salah satu cagug dengan melibatkan anak-anak sekolah itu adalah pelanggaran.

“Tapi  kalau anak-anak diajak orangtuanya atau mendekat sendiri karena pengen liat keramaian itu berbeda. Manalah ada kegiatan kampanye di lapangan yg gak ada anak-anak,“ tegasnya. (*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID