Bedah Rumah Digulirkan Lagi, Proposal dari Warga Sudah Setengah Meter
Juan Situmeang
Rabu | 17/03/2021 21.31 WIB
Bedah Rumah Digulirkan Lagi, Proposal dari Warga Sudah Setengah Meter
Bupati Mesuji Saply TH. ILUSTRASI: RILISLAMPUNG.ID/ Kalbi Rikardo

RILIS.ID, Mesuji – Bupati Mesuji Saply TH kembali menggulirkan program unggulan Bantuan Perumahan Layak Huni (Baperlahu) di Desa Tri Karya Mulya (TKM) Kecamatan Tanjungraya, Selasa (16/3/2021).

Anggota DPRD Mesuji, Mad Nur, yang langsung mendatangi Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) mengacungkan jempol untuk program ini.

Dia mengaku sudah banyak diminta tolong warga yang tidak mampu agar mereka mendapat Baperlahu.

”Sudah segini proposal yang di rumah, minta Baperlahu,” ujarnya sambil mengembangkan dua tangannya setengah meter, Rabu (17/3/2021).

Ia mengatakan Baperlahu sangat membantu masyarakat tidak mampu untuk mendapatkan rumah yang layak huni.

”Jadi tolong, agar warga di Wayserdang juga diberi Baperlahu ini,” pintanya.

Kepala Dinas Perkim, Murni SP, menjelaskan pihaknya juga ingin agar banyak warga mendapat program tersebut pada 2021 ini.

”Di tahun 2021 ini pada anggaran perubahan, kami ajukan. Tapi kami tidak bisa jamin berapa jumlah yang disetujui karena akan dikaji Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD),” paparnya.

Dia menegaskan pelaksanaan Baperlahu di lapangan tidak ada pungutan apapun dalam prosesnya. Demikian juga pengadaan bahan bangunan diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing kelompok.

”Mau pakai suplier yang mana, yang penting siap bersaing baik harga dan mutu barang,” jelasnya.   

Hal lain, Murni mengatakan jika kriteria miskin penerima Baperlahu harus jelas. Ke depan jika program ini berjalan lagi, penilaian orang yang menjadi penerima harus melihat fakta lapangan.

“Kita verifikasi seobyektif mungkin, harus pakai fakta. Jangan perasaan. Kalau perasaan ya bisa hanya saudara perangkat desa atau titipan oknum anggota dewan,” sindirnya.

Mad Nur politisi asal PAN itu berjanji mengawal program tersebut jika memang diajukan pada anggaran perubahan di tahun 2021 ini.

”Ya, saya kawal nanti di dewan ketika pembahasan, karena ini program yang langsung menyentuh masyarakat. Tahun ini, saya ajukan 200 unit,” ujarnya.

Diketahui, kegiatan yang diprogramkan pada 2020 itu sempat terhenti karena pandemi. Namun karena dana sudah digulirkan pada akhir Desember 2020, kini tinggal pembangunan fisik. Ditargetkan, selesai pada Juni 2021.

Baperlahu kali ini dikucurkan untuk membangun 147 rumah yang tersebar di 31 desa dalam empat kecamatan dengan total dana Rp4,7 miliar.

”Yang terbanyak di Desa Tri Karya Mulya yakni 20 rumah senilai Rp640 juta,” kata bupati saat peluncuran program tersebut.

Jika dari tahun 2013-2020, kata bupati maka program Baperlahu dari semua kriteria baik yang dibiayai pusat hingga kabupaten berjumlah 6.369 unit rumah.  (*)

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID