Bikin KK di MPP Tuba 1 Hari, ah Teori! Buktinya 14 Hari

Rabu | 06/03/2019 13.31 WIB
Bikin KK di MPP Tuba 1 Hari, ah Teori! Buktinya 14 Hari
Pelayanan di MPP Tuba. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/Sety Budi Pramana

RILIS.ID, Tulangbawang – Pelayanan Mal Pelayanan Publik (MPP) Pemerintah Kabupaten Tulangbawang (Tuba) yang berpusat di eks kantor bupati di Tiyuh Tohow, Menggala, dikeluhkan warga yang hendak mengurus administrasi kependudukan.

Pasalnya, proses pembuatan dokumen kependudukan sperti kartu keluarga (KK), surat pindah dan akta kelahiran, membutuhkan waktu 7-14 hari. Warga kecewa dan kesal lantaran harus bolak-balik menanyakan prosesnya.

Tiya (37) warga Kecamatan Banjaragung mengaku kecewa atas pelayanan di MPP tersebut. Pelayanannya lambat dan tidak tepat waktu. Dalam pembuatan KK tidak cukup satu Minggu, bisa sampai 14 hari dan berkas belum juga rampung. 

Ia menambahkan, MPP tidak dapat merealisasikan apa yang menjadi perintah bupati. Dalam teorinya, pelayanan di MPP cepat dan singkat. Satu hari selesai. Berkas lengkap satu jam atau satu hari selesai.

"Itu bohong. Semuanya teori dan harapan saja. Pada prakteknya buat KK sudah 14 hari belum jadi. Ini baru saya saja. Belum warga lainnya," ujar Tiya, Rabu (6/3/2019) di lokasi MPP.

Petugas loket pelayanan MPP Ulan Dari mengatakan, bahwa berkas pembuatan KK belum turun, masih ada di meja Pimpinan. Masih banyak berkas yang belum turun.

"Belum selesai Pak. Besok datang lagi ya. Masih banyak berkas yang belum ditandatangani, belum turun, masih di meja bapajk,"ujarnya.

Lambatnya proses pelayanan pembuatan dokumen kependudukan memberikan dampak negatif bagi warga. Mereka harus bolak-balik menghabiskan materi dan waktu. (*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID