Bisakah Nomor WhatsApp Dibajak? - RILIS.ID
Bisakah Nomor WhatsApp Dibajak?
Kalbi Rikardo
Sabtu | 01/08/2020 18.00 WIB
Bisakah Nomor WhatsApp Dibajak?
Ilustrasi WhatsApp/Kalbi Rikardo

RILIS.ID, Teknologi – WhatsApp Messengger adalah aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan menggunakan paket internet.

Aplikasi perpesanan yang dapat di unduh gratis di ponsel cerdas ini, memungkinkan kita mengirim pesan dan menerima pesan baik panggilan, video, dokumen, dan pesan suara.

Para pengguna mungkin banyak yang bertanya-tanya apakah bisa WhatsApp di bajak oleh hacker atau peretas.

Peretas atau hacker ialah orang yang mencari celah agar bisa masuk ke susuatu sistem untuk mendapatkan informasi karena ingin memuaskan keingintahuannya.

Cara paling mudah bagi peretas untuk bisa membobol adalah dengan mendapatkan data pribadi targetnya.

Maka data pribadi harus dijaga oleh pengguna dengan baik. Jika data pribadi bocor, kemungkinan besar pihak asing untuk melakukan peretasan atau pembajakan.

Pasword adalah salah satu informasi penting. Jangan pernah memberikan pasword kepada orang lain. Agar orang yang tidak bertanggung jawab tidak dapat mengakses akun Anda.

Lalu mungkinkah aplikasi WhatsApp dibajak? 

Alfons Tanujaya, pengamat keamanan siber sekaligus pemilik PT. Vaksincom mengatakan, nomor WhatsApp bisa saja dibajak, jika pemilik nomor memberikan kode 6 angka SMS konfirmasi ke peretas.

"Jika korbannya berbaik hati dan bermaksud menolong penipu dan memberikan 6 angka tersebut, maka dalam sekejap akun Whatsappnya akan berpindah tangan." tulis Alfons di www.vaksin.com.

Baca : Info teknologi terkini 

Alfons juga mengatakan tanpa 6 angka kode verivikasi yang dikirim melaui pesan SMS, mustahil nomor WhatsApp dapat dibajak.

"Tanpa 6 nomor itu, mustahil nomor WhatsApp bisa dibajak," ujar Alfons yang dikutip dari SINDOnews, Rabu (29/7/2020).

Lebih lanjut Alfons menjelaskan, kemudian peretas tinggal menginstal aplikasi WhatsApp. Saat diminta memasuki nomor WhatsApp peretas akan memasuki nomor WhatsApp target yang akan dibajak.

Lalu dengan otomatis sistem WhatsApp akan mengirimkan 6 nomor konfirmasi melaui SMS ke nomor yang dimasukkan saat melakukan pengisian nomor handpone.

Jika pemilik nomor handphone memberikan kode 6 angka konfirmasi, maka dengan otomatis nomor WhatsApp-nya berpindah.

Jadi jika ada SMS kode WhatsApp yang masuk pada nomor handpone, kita harus waspada dan jangan pernah memberikan kode tersebut kepada orang lain. Karena saat ini banyak modus atau cara yang digunakan untuk mendapatkan kode ini. Dengan memanfaatkan rekayasa sosial yang dilakukan, untuk bisa mendapatkan 6 angka verifikasi perpindahan WhatsApp. (*)

BacaCara Menonaktifkan dan Mengaktifkan Antivirus Smadav 2020


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID