BPS Mesuji: Persentase Penduduk Miskin Mesuji Terendah se-Lampung
lampung@rilis.id
Rabu | 07/04/2021 18.28 WIB
BPS Mesuji: Persentase Penduduk Miskin Mesuji Terendah se-Lampung

RILIS.ID, Mesuji – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mesuji menyebutkan, persentase penduduk Miskin di Mesuji tercatat sebanyak 7,33 persen, di bawah rata-rata persentase kemiskinan Provinsi lampung yang tercatat sebesar 12,34 persen.

Hal tersebut terungkap pada kegiatan ekspos Data Indikator Strategis sekaligus peluncuran Publikasi Mesuji dalam Angka Tahun 2021. Kegiatan tersebut digelar di Aula Pemkab Mesuji, Rabu (7/4/2021). 

Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji Syamsudin dalam paparannya, menyebut bahwa persentase kemiskinan di Kabupaten Mesuji merupakan yang terendah di Provinsi Lampung, adapun indikator kemiskinan tersebut merupakan hasil kegiatan Survey Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Maret 2020. untuk itu dia meminta kepada seluruh stakeholder di Kabupaten Mesuji untuk menjaga dan mengawal capaian tersebut.

Untuk diketahui, Indikator angka kemiskinan merupakan satu dari beberapa angka indikator yang di sampaikan dalam kegiatan tersebut. Selain indikator kemiskinan, indikator lain yang di sampaikan pada kegiatan hari ini antara lain angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM), angka pertumbuhan ekonomi (PDRB) dan rilis jumlah penduduk hasil pendataan Sensus 2020 serta publikasi Mesuji dalam Angka 2021

Kegiatan ekpos data Indikator strategis dan launching Mesuji dalam angka ini  dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Mesuji Mesuji Syamsudin. Bupati Dalam Sambutan yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah menegaskan peran penting data sebagai “Guidance” dalam melakukan perencanaan dan evaluasi pembangunan daerah.

“Para Satuan Perangkat Daerah harus bisa memahami makna dibalik angka dalam indikator strategis yang dihasilkan BPS,” tegasnya dalam siaran pers yang diterima Rilislampung, Rabu (7/4/2021).

“Karena data yang akurat akan mendukung kegiatan perencanaan yang tepat sehingga nantinya akan berguna dalam melakukan pembangunan yang bermanfaat. Sukses tidaknya kegiatan statistik bergantung pada dukungan seluruh komponen pemerintah maupun masyarakat di daerah. Statistik merupakan potret kondisi masyarakat  yang  dituangkan  dalam bentuk data yang mampu memberi daya dukung terhadap percepatan pembangunan di daerah,” sambungnya.

Dalam kesempatan ini, Kepala BPS Kabupaten Mesuji Zulkkifli juga memberikan Penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Mesuji yang mendukung penuh kegiatan Sensus Penduduk 2020, sehingga capaian cakupan (coverage) jumlah penduduk yang tercatat pada Sensus penduduk 2020 menjadi yang terbaik di Provinsi Lampung.

Penghargaan tersebut diterima oleh Sekretaris Daerah Mesuji. Pada kegiatan ini pula, BPS Kabupaten Mesuji memberikan penghargaan BPS award kepada Instansi sumber data Publikasi Mesuji dalam angka 2021 dan pengguna data BPS Kabupaten Mesuji.

“Penghargaan ini diharapkan mampu menjadi pemicu semangat agar kerjasama yang terjalin BPS Kabupaten Mesuji dan Pemerintah Daerah Mesuji dapat terjalin lebih baik di tahun-tahun mendatang,” ujarnya. (*)

 

Editor Andry Kurniawan


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID