BUMDes Tunggalwarga Gulirkan Modal untuk Pelaku Usaha Kecil dan Menengah

Sabtu | 03/11/2018 15.42 WIB
BUMDes Tunggalwarga Gulirkan Modal untuk Pelaku Usaha Kecil dan Menengah
BUMDes Tunggalwarga Kabupaten Tulangbawang menyerahkan laporan pertanggungjawaban, Sabtu (3/11/2018). FOTO: RILISLAMPUNG.ID/Setya Budi Permana

RILIS.ID, Tulangbawang – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kampung Tunggalwarga Kecamatan Banjaragung Kabupaten Tulangbawang mengucurkan pinjaman modal kepada 62 pelaku usaha kecil dan menengah dengan bunga sebesar 2 persen.

Menurut Ketua Bumdes Tunggalwarga, besaran pinjaman mulai dari Rp500 ribu sampai Rp5 juta. Pengembalian diangsur setiap bulannya. Batas angsuran 10 hingga 12 kali angsuran.

“Keberadaan BUMDes ingin membantu masyarakat dalam mendapatkan pinjaman modal untuk usaha kecil dan menengah. Juga turut andil dan berperan aktif dalam menghidupkan pelaku usaha,” kata Sepri, Sabtu (3/11/2018).

Ia menambahkan bahwa BUMDes Tunggalwarga memiliki modal usaha simpan pinjam sebesar Rp100 juta. Dana itu bersumber dari dana desa tahun 2016-2017.

“Alhamdulilah program BUMDes berjalan dengan baik. Masyarakat dapat menjalankan usaha kecil. Saat ini, BUMDes memiliki 62 nasabah usaha kecil dan menengah," terangnya.

Saat ini, masih menurut Sepri, aset BUMDes telah berkembang menjadi Rp199.500.000. Pengelolaannya akan terus ditingkatkan dan dilaksanakan secara baik dan benar.

“Sehingga memberikan asas manfaat bagi masyarakat Kampung Tunggalwarga,” ujarnya.

Sementara Kepala Kampung Tunggalwarga Bahrin Purwowigno mengapresiasi pengelolaan BUMDes yang telah berjalan dengan baik dan terdata rapi serta pengelolaannya transparan.

“Kami senang dan bangga dengan kinerja pengurus BUMDes. Ketua Sepri, sekretaris Ines dan bendahara Subranur Indarti telah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan benar dan baik," ucapnya. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID