Bunda, Simak Yuk Tips RKI Tentang Mendidik Anak Zaman Now

Jumat | 09/02/2018 21.39 WIB
Bunda, Simak Yuk Tips RKI Tentang Mendidik Anak Zaman Now
Sekolah Ibu yang digelar RKI di di Masjid Baitul Makmur, Sukabumi, Jumat (9/2/2018). FOTO: RILIS.ID/EL SHINTA

RILIS.ID, – BANDARLAMPUNG-Kids Zaman Now. Kalimat ini begitu akrab terdengar. Makin viral kemudian, setelah dikait-kaitkan dengan berbagai objek ataupun aktifitas lainnya.

Misal, Mendidik Anak Zaman Now,  yang dijadikan tema oleh Rumah Keluarga Indonesia (RKI) Sukabumi-Sukarame bersama Perum Bahtera Indah Sejatera, Sukarame Baru, Kota Bandarlampung untuk menggelar Sekolah Ibu di Masjid Baitul Makmur, Jumat (9/2/2018).

Ketua RKI Sukabumi, Hastin Mila Krisna mengatakan, sekolah ibu ini memang sengaja dibuat untuk memberi ruang kepada kaum ibu untuk berbagi ilmu dan pengalaman.

"Kami mengganti nama kegiatan dari majelis taklim menjadi sekolah ibu, supaya kesannya nggak monoton dan isinya yang berbau surga dan neraka. Jadi peserta yang hadir bisa belajar dengan baik tentang menjadi ibu," katanya. 

Hastin menambahkan, RKI merupakan komunitas yang menjadi tempat ibu-ibu mencari ilmu. 

"Kita punya delapan program yakni, pembekalan pra nikah, harmonisasi pasangan suami istri, parenting ibu, sahabat anak dan remaja, pos eka (ekonomi keluarga), advokasi atau konsultasi, pendidikan politik, dan pendidikan lansia," jelasnya.

Sementara pemateri, Neni Suswati, mengatakan mendidik anak zaman now bisa disiasati. 

"Anak zaman sekarang kan hobinya main gadget, dikit-dikit direkam pakai handphone terus di-upload ke youtube. Kita jangan langsung melarang, kita awasi saja atau bahkan terlibat langsung membantu anak membuat videonya. Anak sekarang justru sudah bisa menghasilkan uang dari sana," paparnya. 

Ia menjelaskan, bahwa mendidik anak juga saat ini harus diimbangi dengan instrospeksi diri selaku orangtua. 

"Jadi kalau anak disuruh cuci piring ngeluh, ya kita lihat diri kita, kita suka ngeluh nggak kalau mengerjakan sesuatu, ngomel sana sini ribetnya jadi ibu di depan anak, makanya anak jadi niru kita juga," tandasnya. (*)

 

Editor


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)

 





2019 | WWW.RILIS.ID