Bupati Winarti Serahkan Pagu dan Alokasi Dana Kampung - RILIS.ID
Bupati Winarti Serahkan Pagu dan Alokasi Dana Kampung

Kamis | 17/01/2019 14.53 WIB
Bupati Winarti Serahkan Pagu dan Alokasi Dana Kampung
Bupati Tuba Winarti. FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Tulangbawang – Guna mendorong percepatan pembangunan, Bupati Tulangbawang (Tuba) Winarti melakukan penyerahan pagu indikatif dana kampung dan alokasi dana kampung di Kecematan Banjarbaru, Kamis (17/1/2019).

Kegiatan penyerahan pagu indikatif tersebut dipusatkan di Kampung Panca Karsa Purnajaya Kecamatan Banjarbaru. Acara itu dihadiri 147 Kepala Kampung (Kakam) se-Tulangbawang berikut seluruh camat.

Kepala DPMK Tuba, Yen Dahren, menyampaikan bahwa penyampaian pagu indikatif bertujuan mengoptimalkan kinerja sehingga program bisa dimulai dari awal tahun dengan sesuai anggaran yang telah ditetapkan.

Bupati Tuba Winarti menyatakan bahwa sesuai pesan Presiden Jokowi, dana desa harus digunakan untuk kepentingan rakyat. Ia berharap belanja untuk keperluan kegiatan atau proyek terpusat di kampung masing-masing.

Sehingga, menurut dia, perputaran dana desa tetap ada di kampung tersebut. Kepala kampung juga harus selalu melakukan pendampingan dalam bekerja agar administrasi tidak salah.

"Dampingi kepala kampung dalam mengelola dana desa, agar penggunaannya sesuai aturan dan tidak salah peruntukkan. Presiden Jokowi selalu berpesan gunakan dana desa untuk kepentingan rakyat," kata Bupati bergelar adat Pangeran Suri itu.

Dalam kesempatan tersebut turut dibagikan poster laporan pada masyarakat mengenai realisasi 25 program unggulan yang telah dilakukan pada tahun 2018. Hal ini menunjukkan bentuk pertanggungjawaban pemerintahan Tulangbawang terhadap rakyat, bahwa apa saja yang telah dilakukan dan belum dilakukan.

"Saat ini, instuksi saya jelas, layani rakyat, buka peluang investasi di daerah masing-masing, jangan dipersulit perizinannya. Bila ada pejabat atau camat mempersulit perizinan, silakan rubah sikap. Bila tidak, laporkan ke saya. Saya akan berhentikan, silakan berhenti pegawai yang bermental seperti itu," tegas Winarti.

Sementara Kapolres Tuba AKBP Syaiful Wahyudi berpesan agar aparatur kampung dalam mengelola dana desa dapat bekerja sesuai rencana kerja yang telah ditetapkan.

"Hal ini supaya pekerjaan bisa dipertanggungjawabkan, jangan bekerja tidak sesuai dengan anggaran yang ditetapkan," ujarnya.

Turut hadir Ketua Apdesi Tuba Bambang Sumantri, Sekkab Anthoni, Stad Ahli Desia Kesumayuda, Inspektur Pahada Hidayat, Kepala DPKAD Rustam Effendi, Kepala Bappeda-Litbang Dicky Soerahman, Kadisos Sukur, Kadis PPA Amri Alvis, Kakan Pol-PP Khalik, dan sejumlah pejabat eselon III di lingkup Pemkab Tuba. (ADV)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID