Buruan! Beasiswa Seni di Lambar Tersisa Delapan Kuota
Ari Gunawan
Minggu | 21/06/2020 21.59 WIB
Buruan! Beasiswa Seni di Lambar Tersisa Delapan Kuota
Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Barat, Minggu (21/6/2020). FOTO: RILISLAMPUNG.ID/ Ari Gunawan

RILIS.ID, Lampung Barat – Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Pemkab Lambar) tahun anggaran 2020 ini menyiapkan 10 beasiswa bagi lulusan SMA. Yakni mereka yang berhasil lolos seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) jurusan seni.

Pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) beberapa waktu lalu, baru dua orang yang sukses. Sehingga masih tersisa delapan kuota pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Pemkab Lambar juga memberikan beasiswa kedokteran penuh bagi masyarakat setempat. Hal ini guna memenuhi kebutuhan tenaga dokter bagi rumah sakit dan puskesmas yang saat ini masih mengalami kekurangan sebanyak 15-20 dokter.

Tahun lalu, ada tiga siswa yang berhasil masuk target untuk mendapatkan beasiswa sekolah kedokteran yang dibiayai pemkab sesuai kriteria. Syaratnya jika sudah tamat, harus kembali dan mengabdi di Kabupaten Lambar.

Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lambar, Riyadi Andriyanto, mengungkapkan syarat menerima beasiswa tersebut yakni lulusan SMA sederajat di kabupaten setempat, lulusan dalam seleksi jalur SNMPTN, maupun SBMPTN.

”Pada jalur undangan (SNMPTN) beberapa waktu lalu ada dua orang, putra dan putri dari SMAN 1 Waytenong yang lolos seleksi. Sehingga tentunya peluang untuk mendapatkan beasiswa tersebut masih sangat besar,” ungkap Riyadi, mendampingi Kadisdikbud Lambar Bulki Basri, Minggu (21/6/2020).

Menurutnya, program beasiswa tersebut merupakan bagian dari peningkatan manajemen pelayanan pendidikan serta pengembangan SDM pendidikan dan kebudayaan.

Tujuannya, membantu masyarakat mewujudkan impian untuk bisa menimba ilmu khususnya di jurusan seni, yang nantinya diharapkan bisa mengabdikan diri dan mengembangan budaya yang ada di Lambar.

”Program ini juga merupakan upaya pemerintah agar seni budaya di daerah terus berkembang. Tentunya bisa terus dilestarikan. Terlebih, Lambar merupakan daerah asal muasal suku Lampung, yang kaya akan seni budaya,” tandasnya. (*)

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID