Dampak Corona: Panwascam Non Aktif, Gaji Disetop! - RILIS.ID
Dampak Corona: Panwascam Non Aktif, Gaji Disetop!
Agus Pamintaher
Minggu | 29/03/2020 19.05 WIB
Dampak Corona: Panwascam Non Aktif, Gaji Disetop!
Ketua Bawaslu Lamsel Hendra Fauzi/FOTO ISTIMEWA

RILIS.ID, LAMPUNG SELATAN – Imbas wabah virus Corona (Covid-19) juga berdampak pada penyelenggara pilkada serentak 23 September 2020. Terutama terhada Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Desa.

Sebab, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia (RI) memutuskan penyelenggara di tingkat kecamatan maupun desa diberhentikan sementara hingga batas waktu yang belum ditentukan. 

Ketua Bawaslu Lampung Selatan (Lamsel) Hendra Fauzi membenarkan adanya keputusan pemberhentian sementara Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Desa/Kelurahan (PKD) tersebut. Menurutnya, keputusan itu sesuai dengan intruksi dari Bawaslu RI.

”Memang benar ada edaran dari Bawaslu RI terkait pemberhentian sementara Panwaslu Kecamatan dan PKD terhitung tanggal 31 Maret 2020. Selama pemberhentian, mereka tidak diberikan honorarium lagi sampai di aktifkan kembali,” katanya, Minggu (29/3/2020).

Hendra berharap, penundaan akibat wabah corona ini cepat berlalu. Sehingga pelaksanaan Pilkada di Lamsel bisa berjalan kembali.

”Kita hanya menunggu sampai wabah ini benar-benar tidak ada lagi,” harapnya.

Sementara, anggota KPU Lamsel Ansurasta Razak mengatakan, KPU RI melalui surat Nomor: 285/PL.02-SD/01/KPU/III/2020 tanggal 24 Maret 2020 telah mengeluarkan surat terkait tindak lanjut pelaksanaan tahapan pemilihan tahun 2020 oleh PPK dan PPS.

Isinya, KPU menunda aktifitas tahapan pemilihan yang dilaksanakan badan Adhoc yakni PPK dan PPS sampai diterbitkan ketentuan lebih lanjut. KPU kabupaten dan kota menunda masa kerja PPK dan sekretariat.

”Sudah kita tindaklanjuti surat edaran tersebut dan telah kita sampaikan kepada PPK. Untuk PPS memang belum dilakukan pelantikan sama sekali,” kata Ansurasta Razak.(*)

Editor Wirahadikusumah


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID