Dari Gowa, Pulang ke Waykanan Dinyatakan Positif Corona - RILIS.ID
Dari Gowa, Pulang ke Waykanan Dinyatakan Positif Corona
Yulianto
Senin | 27/04/2020 20.45 WIB
Dari Gowa, Pulang ke Waykanan Dinyatakan Positif Corona
ILUSTRASI: RILISLAMPUNG.ID/ Kalbi Rikardo

RILIS.ID, Waykanan – Sebelum dinyatakan positif Covid-19, warga Waykanan sempat melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

Kadis Kesehatan Waykanan sekaligus jubir gugus tugas, Anang Risgiyanto, menjelaskan pasien inisial PS itu tiba dari Gowa, Sulawesi Selatan, Senin (30/3/2020). Ia baru saja mengikuti Ijtima Ulama Dunia 2020 jemaah tablik.

PS lalu lapor ke puskesmas dengan hasil pemeriksaan sehat. Setelah itu, PS langsung isolasi mandiri di rumahnya di Kampung Tiuh Balak Pasar, Baradatu.

Tanggal 12 April 2020, merasa sudah menjalankan isolasi mandiri, pada malam hari PS datang ke Masjid Muslimin untuk ibadah dan menginap selama dua malam. 

Selanjutnya pada 14 April 2020, tim dari Dinas Kesehatan Waykanan melakukan rapid test pada PS. Hasilnya disebut non reaktif.

Namun demikian, PS kembali diminta melakukan isolasi mandiri di rumahnya selama 14 hari ke depan. 

Tanggal 21 April 2020, PS kembali menjalani rapid test kedua. Hasilnya reaktif. Kemudian ditindaklanjuti dengan mengirim swab ke Dinas Kesehatan Lampung. Sampel lalu dikirim ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang. 

Keesokan harinya, 22 April 2020, kembali dilakukan swab dengan alur sama.

Tanggal 25 April 2020, Dinas Kesehatan Lampung mendapatkan hasil pemeriksaan sampel. PS Positif Covid-19. 

Minggu (26/4/2020), PS masih menjalani isolasi mandiri di rumahnya dan dinyatakan orang tanpa gejala (OTG) meski positif corona.

Dia akan terus dipantau kesehatannya termasuk kebutuhan harian makan dan minum.

Selain PS sebetulnya ada jemaah tablik lainnya yang juga mengikuti kegiatan di Gowa. Namun hasil swab lelaki asal Rebangtangkas itu belum ke luar. (*)

 

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID