Debat Pertama 7 April di Novotel, Begini Teknisnya 

Rabu | 28/03/2018 07.01 WIB
Debat Pertama 7 April di Novotel, Begini Teknisnya 
Komisioner KPU Provinsi Lampung, Solihin. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/Taufik Rohman

RILIS.ID, Bandarlampung – Debat kandidat calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung dijadwalkan pada 7 April 2018. Debat pertama itu akan digelar di Hotel Novotel, Bandarlampung pada sekitar pukul 20.00 WIB. 

"Ya tempatnya nanti di Novotel debat kandidat pertama di tanggal 7 April malam," kata Komisioner KPU Provinsi Lampung Divisi Pengembangan SDM dan Partisipasi masyarakat, Solihin, usai rapat evaluasi Pemasangan APK, di Kantor Bawaslu Lampung, Selasa (27/3/2018) petang. 

Terkait moderator, kata Solihin belum final, nanti sabtu depan finalnya. "Kalau tayangannya live di dua Tv lokal dan siaran tunda untuk tv nasional, waktunya 90 menit," kata Solihin. 

Teknisnya, untuk 4 paslon dalam debat kandidat adalah diundi, dengan dibagi lima segmen. "Domainnya KPU yang menyiapkan itu, di segmen kedua dan ketiga. Punya paslon itu di segmen 1, 4 dan 5 closing segmen," katanya.

Sementara itu, keempat pasangan calon itu harus wajib hadir dalam debat kandidat 3 kali, dan jika tidak hadir harus ada alasan yang jelas. "Kita optimis aja, semua pasangan calon bisa hadir, kita gak mau menjustis (cagub mustafa) tidak bisa hadir, kita optimis hadir semua, kan masih lama debatnya. Kalaupun ada yang tidak hadir harus melampirkan surat keterangan alasan tidak hadir, nanti dilihat dan dikaji KPU," katanya. 

Cara debat kandidat dengan posisi lebih dari 1, maka dipandu oleh moderator. "Maka KPU menyiapkan moderator dan tim pakar. Kalau tim pakar itu bisa hadir bisa tidak, mereka hanya merumuskan debat kandidatnya," katanya.

Sementara itu, LO pasangan calon Ridho-Bachtiar, Levi Tuzaidi, mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan untuk proses debat kandidat yang akan digelar di Hotel Novotel. "Debat kandidat pertama di Novotel, kita sudah siapkan, tinggal menunggu hari H nya," katanya. (*)

Editor



Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID