Dipecat Mendadak, Sekdes Tuding Kades Langgar Aturan
Ahmad Kurdy
Selasa | 29/12/2020 22.16 WIB
Dipecat Mendadak, Sekdes Tuding Kades Langgar Aturan
Pemberhentian Sekdes Sukatani yang mendadak, Senin (28/12/2020). FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Lampung Selatan – Lagiman, Kades Sukatani Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan, memecat Sekretaris Desa (Sekdes) M Rizkiady.

Pemberhentian ini dilakukan tiba-tiba di depan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), perangkat desa, PKK, ketua RT, dan Linmas, Senin (28/12/2020).

Rizkiady mengaku terkejut saat Kasi Pemerintahan Desa Sukatani, Tulus Widodo, membacakan Surat Keputusan Kepala Desa (SK Kades).

"Harusnya saya dikasih tahu apa kesalahan saya dan bukan langsung diumumkan di depan umum kalau saya tidak lagi jadi sekdes," ujar Rizkiady.

Dia menerangkan dalam Permendagri Nomor 83 tahun 2015, mekanisme penggantian perangkat desa tidak bisa seperti apa yang dilakukan kades.

Kades, terus dia, harus berkonsultasi dengan pihak kecamatan, ada rekomendasi, dan membentuk tim yang terdiri dari ketua, sekretaris, dan anggota pemilihan sekdes.

Jika semua syarat itu sudah terpenuhi, baru ada penjaringan dan penyaringan bakal calon perangkat desa. Itu pun kurun waktunya dua bulan setelah perangkat desa kosong atau diberhentikan.

Hasilnya nanti dikonsultasikan dengan camat untuk direkomendasikan.

Terpisah, Ketua BPD Sukatani, Sungkono, mengaku tidak mengetahui jika ada pergantian sekdes. Karena kades hanya mengundang melalui WhatsApp untuk hadir di acara rapat akhir tahun dan pelantikan Kepala Dusun (Kadus) baru.

"Sebelumnya juga tidak ada komunikasi kalau Kades mau mengganti perangkatnya," ungkap dia.

Sayangnyaa, saat wartawan mencoba mengkonfirmasi perihal pemecatan ini, Kades Legiman sedang tak berada di kantornya.

"Pak Kades tidak ada, tadi katanya mau ke Kalianda," ujar salah seorang staf kantor desa Sukatani, Selasa (29/12/20) siang. (*)

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID