Disdikbud Waykanan Dukung Kegiatan Literasi
lampung@rilis.id
Sabtu | 04/05/2019 21.16 WIB
Disdikbud Waykanan Dukung Kegiatan Literasi
Kadisdikbud Waykanan Usman Karim membuka workshop menulis puisi di SMPN 1 Baradatu, Sabtu (4/5/2019). FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Waykanan – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Waykanan mendukung kegiatan literasi yang digagas para guru setempat.

Hal itu dikatakan Kadisdikbud Waykanan Usman Karim pada pembukaan workshop menulis puisi yang diikuti 100 guru SMA, SMP, SD, TK se-Kabupaten Waykanan di SMPN 1 Baradatu, Sabtu (4/5/2019).

Menurut Usman, kegiatan literasi melalui workshop menulis puisi ini akan menambah wawasan dan ilmu bagi guru.

"Saya berharap setelah workshop ini, para guru dapat memahami karya sastra khususnya puisi untuk diimplementasikan dalam pembelajaran kepada siswa," ujarnya.

Selain itu, dari kegiatan ini kelak lahir para pembuat puisi (penyair) dari kalangan pendidik.

Pada kesempatan itu, Usman berjanji mendukung program literasi yang digagas Komunitas Pujangga Waykanan.

"Suatu waktu kita beraudiensi kepada bapak Bupati Waykanan. Kita galakkan dunia literasi dengan pertunjukan sastra dan penerbitan buku.

“Siapkan saja sumber daya manusia di Komunitas Pujangga. Nanti kita bersilaturahmi kepada Pak Bupati," pinta Usman yang disambut tepuk tangan.

Workshop menulis puisi menghadirkan narasumber sastrawan nasional Isbedy Stiawan ZS dan Mahwi Air Tawar. Kegiatan akan berlanjut dengan penerbitan buku puisi para guru se-Waykanan.

Dalam sesi workshop, kedua sastrawan memberikan materi tentang cara mendapatkan inspirasi, imajinasi, pemberian judul, sudut pandang, serta menghidupkan ruh puisi.

Sesi terakhir para peserta diajak bermain dengan kata-kata. Yaitu, setiap peserta menyumbang satu kata. Dari 100 kata tersebut, peserta menjahit atau merangkai menjadi baris dan bait puisi. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID