Ditanya Dusun Saluy yang Terisolir, Jawaban Diskes bikin Lemes

Selasa | 27/03/2018 21.11 WIB
Ditanya Dusun Saluy yang Terisolir, Jawaban Diskes bikin Lemes
Satu dari tiga sungai yang harus dilalui jika ingin ke Dusun Saluy. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/ Bayumi Adinata

RILIS.ID, Bandarlampung – Apa reaksi Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Lampung mengetahui ada masalah kesehatan di Dusun Saluy Desa Tanjunggading Kecamatan Tanjungpandan, Pesawaran? Ini jawabannya.

Juru bicara Diskes Lampung Asih Hendrastuti menerangkan, pihaknya menyerahkan penanganan masalah itu pada ”wakil”-nya yang berada di tiap kabupaten hingga desa.

Siapa yang dimaksud? ”Bidan desa dan puskesmas keliling. Ketika bidan desa yang ditempatkan satu orang di setiap desa tidak ada, maka tugas berpindah ke puskemas keliling (pusling). Bedanya bidan desa melayani setiap hari, pusling tidak,” katanya, Selasa (27/3/2018).

Menurutnya, ketiadaan bidan desa kemungkinan lantaran masalah spesifik di sebuah tempat. Misalkan jarak tempuh atau terpencil. Seperti diketahui, akses masuk ke Dusun Saluy hanya melalui jalan setapak sejauh sekitar tiga kilometer.

Seperti diberitakan rilislampung.id, keterisoliran dirasakan penduduk Dusun Saluy dalam pelayanan kesehatan. Jangankan pukesmas, bidan desa pun tidak ada.

Jika ada masyarakat yang sakit, biasanya dibawa ke puskesmas di Desa Umbul Kunci Kelurahan Keteguhan, Telukbetung Barat (TbB), Bandarlampung. Jaraknya lebih kurang tiga kilometer dari Dusun Saluy.

”Yang susah sekali saat banjir, nggak mungkin nyeberang bawa orang sakit. Jadi terpaksa tidak kita bawa ke Puskesmas di Desa Umbulkunci," kata Kepala Dusun Saluy, Samhudi. (*)

Editor Gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID