Ditanya Gugus Tugas Covid-19 di Mesuji, Warga: Apa Itu?
Juan Situmeang
Rabu | 25/03/2020 21.01 WIB
Ditanya Gugus Tugas Covid-19 di Mesuji, Warga: Apa Itu?
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman

RILIS.ID, Mesuji – Lalu lalang warga di sejumlah pasar di Kabupaten Mesuji, Selasa (24/3/2020), membuktikan belum adanya kesadaran warga akan bahaya virus corona atau Covid-19 yang saat ini sedang mengancam.

Begitu juga jalan-jalan protokol dan penghubung di desa-desa kabupaten setempat. Aktivitas berjalan seperti biasa.

Menurut  Agus (45), warga Desa Simpangpematang, semua kegiatan masih normal.

”Ya, pasar masih biasa, kalau malam juga masih banyak orang yang nongkrong. Uang ke kebun juga biasa,” ujarnya. Ia mengaku belum ada imbauan langsung ke rumah-rumah terkait penanggungalangan virus corona.

Hanya, beberapa waktu lalu ia mengaku pernah mendengar satu kali dari pengeras suara mobil patroli Polsek Simpangpematang dan Koramil Mesuji yang memberi imbauan agar menjaga kesehatan. ”Tapi untuk di tinggal di rumah saja, saya belum dengar,” katanya.

Senada, Suparman (39), warga Harapanjaya, mengatakan belum tahu apa yang dilakukan jika ada orang yang diduga terkena virus Covid-19.

”Ya bingung aja Mas, mau ngapain, soalnya belum pernah ada sosialisasi langsung,” ujarnya.

Begitu juga tentang pusat penanggulangan covid-19 di Kabupaten Mesuji. ”Apalagi itu Mas? Di mana tempatnya, nomor yang bisa dihubungi berapa ya nggak tahu,” akunya.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mesuji, Syarir mengatakan pihaknya baru saja menyelesaikan SK Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Mesuji sesuai intruksi presiden.

”Ini baru selesai. Nanti dibagi SK-nya. Ditandatangani tanggal 20 Maret 2020. Tapi baru mau dibagi ini,” ujarnya.

Mengenai langkah yang sudah dilakukan Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Mesuji, ia menyatakan baru akan mengadakan koordinasi dengan tim.

”Ini kan baru terbentuk, nanti kita lihat. Kalau secara tupoksi masing-masing, sudah jalan,” terangnya. Namun tidak merinci kegiatan apa yang sudah jalan terkait penanggulangan virus corona di Mesuji.

Bahkan sebagai pusat komando gugus tugas penanggulangan covid-19, Syarir menjelaskan belum memiliki peta terkini perkembangan isu terbaru Covid-19 di Mesuji. Juga mengenai laporan-laporan dari dinas-dinas yang tergabung dalam Gugus Tugas Penangulangan Covid-19 Kabupaten Mesuji. 

”Ya, nanti dibuat dulu form pelaporan dari masing-masing bagian yang masuk dalam gugus tugas, seperti dinas kesehatan, perhubungan, dan lainnya,” katanya.

Begitu juga mengenai pusat data atau laman yang bisa diakses warga yang menyediakan informasi terkini mengenai Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 di Mesuji. ”Yang kita punya saat ini ya Posko. Ada posko Gugus Tugas di Kantor BPBD Mesuji,” katanya.

Dari semua aksi yang ada dilakukan di lapangan justru datang dari warga agar dilakukan penyemprotan disinfektan di Pasar Simpangpematang oleh jajaran Puskesmas, Polsek, dan aparat desa. Kemudian pembagian masker oleh beberapa kepala desa di Wayserdang.

Begitu juga pemeriksaan penumpang kendaraan bus lintas kabupaten di Kecamatan Mesuji Timur.  

Leman, warga Desa Simpangmesuji, bahkan sudah meminta melalui media sosial kepada pemerintah untuk dilakukan pemeriksaan penumpang di tiap kendaraan bus/travel yang melintas di pintu gerbang Mesuji, tepat di Samping Mapolsek Simpangpematang. Namun sampai hari ini belum dilakukan. (*)

 

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID