Dosen IIB Darmajaya Ajarkan WhatsApp Marketing Secara Daring ke SMKN 3 Metro
lampung@rilis.id
Selasa | 06/04/2021 19.59 WIB
Dosen IIB Darmajaya Ajarkan WhatsApp Marketing Secara Daring ke SMKN 3 Metro
Foto: Istimewa

Dosen Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya mengajarkan WhatsApp (WA) Marketing kepada pelajar dan guru SMKN 3 Metro secara daring dalam program Darmajaya Mengajar, Selasa (6/4/2021). Rico Elhando Badri membagikan tips memulai digital marketing. Sekretaris Prodi Bisnis Digital Darmajaya itu memaparkan berjualan dengan memanfaatkan WhatsApp Business.

Menurutnya, penggunaan WA Marketing sangat mudah.

“Aplikasi pesan yang populer dan digunakan oleh siapa saja. WA juga murah karena hanya dengan mengisi paket data internet atau koneksi dengan wifi sudah dapat menggunakannya,” ungkapnya.

Rico menuturkan, WA sangat efektif dalam menawarkan produk ke konsumen langsung dan tanpa batas waktu.

“Aplikasi WA juga memiliki WA Bisnis yang fiturnya mendukung untuk memasarkan produk yang kita miliki,” ujarnya.

Rico juga menerangkan cara mudah closing di WA.

“Edukasi terlebih dahulu, bangun kedekatan di media sosial itu penting, siapkan bonus yang banyak (orang cenderung suka dengan bonus), konsep limitasi (more giving more closing sharing medsos WA), dan list kontak harus banyak,” bebernya.

Dosen muda itu menjelaskan teknik berjualan di grup WA. Syaratnya lakukan edukasi terlebih dahulu sebelum jualan prinsipnya.

Sharing di peak time pukul 20.00-21.30 WIB, pastikan konten sharing yang menarik dan maksimalkan di tanggal muda,” paparnya.

Ia juga membagikan teknik berjualan langsung ke nomor WA pribadi.

“Sapa dengan nama, sampaikan keuntungan, bonus, gunakan limitasi, akhiri dengan pertanyaan dan hindari kata tidak,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kepala SMKN 3 Metro, Erlian Eka Damayanti mengatakan sangat berterima kasih atas paparan yang disampaikan oleh Dosen IIB Darmajaya.

“Pengetahuan WA marketing juga menambah wawasan pelajar dan guru untuk pemanfaatan kedepannya lebih menghasilkan,” ungkapnya.

Erlian berharap dengan materi ini pelajar tidak hanya memanfaatkan fungsi WA sebagai pengirim pesan.

“Semoga kedepan tidak hanya materi ini saja tetapi dapat memberikan materi lainnya,” ujarnya.

Sementara, Kepala UPT Pelatihan IIB Darmajaya, Riko Herwanto mengatakan, program Darmajaya Mengajar merupakan bagian dari tanggung jawab IIB Darmajaya sebagai lembaga pendidikan untuk mencerdaskan anak bangsa.

“Dengan Darmajaya Mengajar, sekolah dapat memilih materi apa saja yang akan disampaikan untuk pembelajaran. Hal ini juga akan menjadikan lebih bermanfaat langsung kepada sekolah,” tuturnya.

Riko berharap juga dengan permintaan dari pihak sekolah IIB Darmajaya menyiapkan SDM yang memang sesuai dengan kompetensinya.

“IIB Darmajaya juga banyak memiliki SDM yang expert di bidangnya, baik dalam Ilmu Komputer maupun Ilmu Ekonomi dan Bisnis,” pungkasnya. (*)

Editor Andry Kurniawan


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID