Dosen IIB Darmajaya Beri Pelatihan Ibu Rumah Tangga di Lamsel
lampung@rilis.id
Rabu | 24/03/2021 15.40 WIB
Dosen IIB Darmajaya Beri Pelatihan Ibu Rumah Tangga di Lamsel
Foto: Istimewa

Dosen Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya selaku kampus terbaik di Lampung memberikan pelatihan pembuatan gantungan pot bunga kepada kelompok ibu rumah tangga Desa Karanganyar, Lampung Selatan.

Pelatihan merupakan bagian dari hibah pengabdian kepada masyarakat (PKM) institusi IIB Darmajaya tahun anggaran 2020/2021. Pelatihan dilakukan pada 20 Maret 2021 dengan instruktur sekaligus Ketua Pelaksana Hibah Amnah, bersama Nursiyanto, Wasilah, dan Rahmat Saputra.

Amnah mengatakan pelatihan diberikan kepada kelompok ibu rumah tangga di Desa Karanganyar karena banyak yang usianya produktif dan belum tersentuh kegiatan pelatihan peningkatan keterampilan.

“Sasaran kami Ibu-ibu karena pandemi kebanyakan waktu luangnya dirumah dan dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat serta bernilai,” ungkapnya.

Pelatihan ini, lanjut dia, bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, mengisi waktu kegiatan positif, dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Pesertanya sebanyak 15-20 orang dengan kegiatannya berada di salah satu rumah warga selama seharian,” ujarnya.

Dosen Prodi Teknik Informatika IIB Darmajaya ini menerangkan alat-alat yang dipersiapkan untuk pembuatan gantungan pot bunga yakni talikur, ring, pot bunga, gunting, penggaris dan aksesoris.

“Mereka kita ajarkan dari dasar sekali dan prosesnya tidak sampai 1 jam sudah memahami. Kalau sudah mahir hanya dibutuhkan waktu 15 menit bisa jadi dan pengerjaannya juga dilakukan berpasangan,” tuturnya.

Amnah berharap dengan pelatihan ini ibu rumah tangga di Desa Karanganyar dapat menjadikannya sebagai penghasilan kedepannya. “Bahan-bahan yang digunakan juga sangat sederhana dan terjangkau,” tutupnya. (*)

Editor Andry Kurniawan


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID