Dosen Prodi TI IIB Darmajaya Latih Guru di Metro Smartphone Apps for Work
lampung@rilis.id
Kamis | 10/06/2021 14.38 WIB
Dosen Prodi TI IIB Darmajaya Latih Guru di Metro Smartphone Apps for Work
Webinar Smartphone Apps for Work dengan peserta guru di sekolah Kota Metro, Rabu (9/6/2021). FOTO:ISTIMEWA

Dosen Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya M. Fauzan Azima, menjadi narasumber dalam webinar Smartphone Apps for Work dengan peserta guru di sekolah Kota Metro, Rabu (9/6/2021).

Fauzan Azima, mengenalkan penggunaan Gmail yang dapat memudahkan ketika bekerja di manapun. Lulusan terbaik pascasarjana Teknik Informatika ini juga mengenalkan penggunaan Google Drive dalam mendukung pekerjaan.

Menurutnya, dengan memiliki akun Gmail memudahkan setiap orang untuk menyimpan file di Google Drive.

“Dapat menambahkan folder dan membagikan folder ke yang lainnya untuk melihat maupun menambahkan file di folder tersebut,” ucapnya.

Dosen Prodi Teknik Informatika ini juga menjelaskan dengan produk Google apa saja dapat dilakukan untuk membantu pekerjaan.

“Seperti Google Document merupakan aplikasi yang bisa kita gunakan untuk menulis apapun, di manapun, dan membagikannya dengan siapapun yang kamu inginkan,” ujarnya.

Google Docs dapat digunakan untuk membuat berbagai macam dokumen penting. Mulai dari catatan meeting, cover letter, proposal, dan masih banyak lagi.

“Setiap orang juga bisa menambahkan Google Document berbagi file antara rekan kerja kita. Dengan memasukkan alamat email. Jadi kita terbantu dengan teknologi ini. Pengerjaan dokumen secara bersama-sama real time dan tidak harus tatap muka karena pandemi ini,” jelasnya.

Fauzan juga mengenalkan Google Spreadsheet.  Aplikasi yang mirip dengan Excel tetapi online dan dapat bekerja sama dengan yang lain.

"Fiturnya mudah diakses. Menggunakan Web Service SpreadSheet untuk mengirim data ke Aplikasi Android, web atau blog anda. Banyak sekali fungsi spreadsheet yang dapat digunakan,” tuturnya.

Salah satu peserta, Riza Damayanti, mengatakan dengan pandemi ini semua kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring. Ia juga terbantu dari adanya webinar yang digelar UPT Pelatihan IIB Darmajaya.

“Memanfaatkan teknologi menjadi hal yang paling utama sekarang dengan banyaknya fitur. Ini menambah pengetahuan kami,” ungkapnya.

Sementara, Kepala UPT Pelatihan IIB Darmajaya, Riko Herwanto mengatakan kegiatan ini juga bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi.

“Dengan membagikan pengetahuan untuk memanfaatkan aplikasi dalam smartphone yang dapat mendukung pekerjaan di tengah pandemi,” ungkapnya.

Riko berharap dapat membantu guru selaku pengajar dalam menjalankan tugas mengajarnya.

“Kita juga akan banyak berbagi kepada pengajar untuk memudahkan mereka dalam menjalani tugasnya mengajar dengan memanfaatkan teknologi yang ada,” tutupnya. (*)


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID