Duel Jokowi dan Prabowo di Lampung Diprediksi Sengit
lampung@rilis.id
Senin | 25/02/2019 20.22 WIB
Duel Jokowi dan Prabowo di Lampung Diprediksi Sengit
Rilis survei opini publik oleh Cyrus Network di Hotel Batiqa Bandarlampung, Senin (25/2/2019). FOTO: RILISLAMPUNG. ID/ Taufik Rohman

RILIS.ID, Bandarlampung – Perebutan suara pemilihan presiden (pilpres) 2019 di Provinsi Lampung bakal berlangsung sengit. Meski Jokowi-Amin diprediksi unggul oleh lembaga survei Cyrus Network, kemenangannya boleh dibilang tipis.

CEO Cyrus Network Hasan Nasbi menjelaskan popularitas Jokowi-Amin berada di angka 97,7 persen. Sedangkan Prabowo-Sandi 92,4 persen.

Sementara untuk elektabilitas, Jokowi-Amin memperoleh 89,8 persen dan Prabowo-Sandi 78,4 persen.

Ia menyampaikan hal itu saat merilis survei opini publik peta politik Lampung di Hotel Batiqa, Bandarlampung, Senin (25/2/2019).

Menurutnya, dalam survei pada rentang 30 Januari-5 Februari 2019, Jokowi unggul karena banyak masyarakat Lampung tidak terkoneksi dengan media sosial, yaitu 64,4 persen.

Di Lampung, terus dia, hanya 35,6 persen masyarakat yang terkoneksi dengan media sosial. Ini artinya untuk menjangkau masyarakat tidak bisa mengandalkan ’’serangan udara’’, harus face to face, door to door.

’’1/3 energi dihabiskan di udara (media sosial), 2/3 energi dikerahkan ke darat,” ingatnya.

Dia menyebut, Jokowi-Amin hampir tidak pernah memenangkan survei di sosial media. Sebab basis pendukung mereka memang bukan pengguna sosial media.

Hasan meyakini, ke depan Jokowi akan lebih sering turun ke Lampung. Sebab, sebagai provinsi dengan populasi terbesar kedua di Sumatera setelah Sumatera Utara, Lampung menjadi pendongkrak suara 01.

Hasil survei lainnya, PDIP menjadi partai politik yang paling banyak dipilih, menyusul Partai Gerindra, Partai Golkar, PKB, dan Partai Demokrat.

Tingginya kepercayaan masyarakat Lampung terhadap PDIP, disebut Hasan sebagai coattail effect (efek ekor jas) dari kepercayaan masyarakat Lampung terhadap kepemimpinan Jokowi yang juga diusung oleh PDIP. 

Divisi Media Cyrus Network, Ali Imron menambahkan, survei melibatkan 2.000 responden yang tersebar di 15 kabupaten/kota dan 200 desa/kelurahan dengan margin of error + 2 persen. (*)

 

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID