Duh, Dua Tahun Berturut-Turut Mesuji cuma Dapat WDP - RILIS.ID
Duh, Dua Tahun Berturut-Turut Mesuji cuma Dapat WDP
Juan Situmeang
Senin | 29/06/2020 20.48 WIB
Duh, Dua Tahun Berturut-Turut Mesuji cuma Dapat WDP
Bupati dan Ketua DPRD Mesuji, Saply TH dan Elfianah, menandatangani hasil LHP BPK RI dengan hasil WDP, Senin (29/6/2020). FOTO: DISKOMINFO MESUJI

RILIS.ID, Mesuji – Kabupaten Mesuji kembai diganjar penilaian wajar dengan pengecualian (WDP) oleh BPK RI atas laporan keuangan tahun anggaran 2019.

Ini kali kedua setelah tahun 2018 juga mendapat penilaian sama. Sebuah catatan bagi Pemkab Mesuji untuk meningkatkan kewajaran pelaporan keuangannya.   

Hal itu terungkap setelah penyerahan laporan hasil pemeriksan (LHP) BPK RI secara virtual kepada Bupati Mesuji di aula kantor bupati Mesuji di Wiralaga Mulya, Senin (29/6/2020).

Dalam kesempatan itu Bupati Mesuji, Saply Th, mengatakan penilaian WDP kali ini akan menjadi motivasi bagi Pemkab Mesuji untuk bekerja lebih baik lagi.

Dia juga mengucapkan terimakasih kepada DPRD setempat atas sinergi yang berjalan baik selama ini. Juga kepada OPD (organisasi perangkat daerah) yang sudah bekerja keras dalam rangka pengelolaan keuangan daerah.

Kepada BPK RI perwakilan Lampung, secara khusus bupati juga menyampaikan terimakasih dan permohonan maaf.

”Khususnya pada auditor jika dalam proses pemeriksaan laporan keuangan terdapat pelayanan yang kurang maksimal, maupun hal-hal yang kurang berkenan. Hal ini semata-mata karena keterbatasan kami,” tutup bupati.

Ketua DPRD Mesuji, Elfianah, dalam sambutannya mengatakan Pemkab Mesuji telah menyelengarakan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan sebaik-baiknya.

Kalaupun ada kesalahan, maka itu tidak terlalu signifikan memengaruhi pengambilan keputusan. DPRD karenanya menilai tahun ini Mesuji pantas mendapat predikat wajar tanpa pengecualian (WTP).

Dihubungi terpisah, Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BP2KAD), Olpin Putra, mengungkapkan status WDP muncul karena belum diterimanya kewajaran atas pelaporan keuangan Pemkab Mesuji terutama soal pencatatan aset.

”Dari tahun 2018 lalu kita juga mendapat catatan mengenai aset. Kami dari keuangan itu menyajikan hasil dari OPD. Mudah-mudahan ke depan, kita dapat memperbaiki sehingga kita bisa mendapat WTP,” katanya.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Aliansi Indonesia, Provinsi Lampung, Untung Supriadi, berharap Pemkab Mesuji ke depan dapat WTP.  

Ia juga berharap asset-aset yang ada tersebar di OPD, dapat diinventarisasi, dicatat, dan dilaporkan dengan cermat.”Jadi, OPD ini setahun ini apa yang dikerjakannya? Coba berkoordinasi. Jika mengenai analisis nilai aset ada BPKP, jika regulasi dan lainnya ada Inspektorat. Bahkan sampai tingkat kebijakan yang dikeluarkan ada bupati dan DPRD,” ujarnya yang juga anggota DPRD setempat. (*)

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID