FH UM Metro - Rilis.Id Gelar Diskusi Penyelesaian Sengketa Pemilu
lampung@rilis.id
Senin | 05/03/2018 11.50 WIB
FH UM Metro - Rilis.Id Gelar Diskusi Penyelesaian Sengketa Pemilu
Ilustrasi.

RILIS.ID, Metro – Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah (FH UM) Metro bekerjasama dengan portal berita rilislampung.id menggelar diskusi publik di aula FH UM Metro, Jumat (23/3/2018). Tujuannya adalah untuk memberi pencerahan atas keluarnya beberapa peraturan Mahkamah Agung (MA) terkait proses penyelesaian sengketa dan pelanggaran administrasi Pemilu 2019.

Dekan FH UM Metro Hadri Abunawar mengatakan, diskusi bertajuk Penyelesaian Sengketa Proses dan Pelanggaran Administrasi Pemilu 2019 ini rencananya menghadirkan Dr Teguh Satya Bhakti (Hakim Yustisial MA), Fatikhatul Khoiriah (Ketua Badan Pengawas Pemilu Lampung), dan Irvan Mawardi (Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara Bandarlampung).

"Kami juga mengundang penyelenggara pemilihan umum (pemilu), pengurus partai politik (parpol), advokat, dan parapihak lainnya," ungkap Hadri Abunawar dalam siaran pers yang diterima media ini, Senin (5/3/2018).

Sekadar diketahui, MA telah menyiapkan regulasi dalam bentuk peraturan MA (Perma) untuk menjadi acuan dalam menangani perkara terkait proses pemilu.

Tiga Perma dimaksud adalah Perma 4/2017 tentang Tata Cara Penyelesaian Pelanggaran Administratif Pemilu di MA; Perma 5/2017 tentang Tata Cara Penyelesaian Sengketa Pemilu di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN); dan Perma 6/2017 tentang Hakim Khusus dalam Sengketa Pemilu di PTUN.

Sesuai UU Nomor 7/2017 tentang Pemilu, sengketa pemilu memang dapat diperiksa, diadili, dan diputus oleh Majelis Khusus Tata Usaha Negara Pemilu. (*)


 


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)

 





2019 | WWW.RILIS.ID