Google Siap Bayar 1 Miliar Dolar untuk Konten Berita
Segan Simanjuntak
Sabtu | 03/10/2020 12.59 WIB
Google Siap Bayar 1 Miliar Dolar untuk Konten Berita
Ilustrasi Google (mashable.com)

RILIS.ID, Bandarlampung – Kritik sejumlah perusahaan media Eropa atas penggunaan konten berita di mesin pencarian Google akhirnya membuahkan hasil.

Google akan merogoh kocek USD 1 miliar untuk perusahaan media di dunia atas penggunaan konten berita selama tiga tahun ke depan.

Dikutip dari Reuters, Sabtu (3/10/2020), CEO Google Sundar Pichai, mengatakan komitmen tersebut merupakan bagian dari produk baru bernama Google News Showcase yang akan dirilis pertama kali di Jerman dan Brasil.

Di Jerman, sejumlah surat kabar sudah mendaftar, seperti Der Spiegel, Stern, dan Die Zeit. Di Brasil ada surat kabar Folha de S. Paulo dan Band and Infobae.

Produk baru Google News Showcase juga akan dirilis di Belgia, Belanda, India, dan sejumlah negara lainnya. Setidaknya ada 200 perusahaan media di Argentina, Australia, Inggris, Brasil, Kanada, dan Jerman sudah mendaftar untuk produk tersebut.

"Komitmen finansial ini merupakan yang terbesar hingga saat ini akan membayar penerbit untuk membuat dan mengkurasi konten berkualitas tinggi untuk berbagai pengalaman berita online yang berbeda," kata Pichai.

Google juga mempersilakan perusahaan media untuk memilih dan mempresentasikan konten mereka sendiri. Produk Google ini akan dirilis pada perangkat Android dan juga Apple. (*)


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID