Gubernur Tinggal Teken PTDH Berkas ASN Koruptor - RILIS.ID
Gubernur Tinggal Teken PTDH Berkas ASN Koruptor

Kamis | 13/12/2018 19.03 WIB
Gubernur Tinggal Teken PTDH Berkas ASN Koruptor
Pangdam II/ Sriwijaya Mayjend TNI Irwan S didampingi Gubernur Lampung M Ridho Ficardo. FOTO: RILISLAMPUNG.ID

RILIS.ID, Bandarlampung – Gubernur Lampung, M. Ridho Ficardo menanggapi persoalan Aparatur Sipil Negara (ASN) koruptor di lingkungan Pemprov Lampung sebanyak 26 orang untuk pemberhentian tidak dengan hormat (PDTH) sebelum akhir Desember 2018.

“PTDH ASN koruptor segera kita proses sesuai mekanisme yang ada. Tugas Gubernur kan sebagai eksekutor di akhir, hanya menandatangani jika berkas ASN koruptor sudah di meja saya," ujarnya usai kegiatan Apel 3 Pilar (Babinsa, Babinkamtibmas, dan kepala Desa atau Lurah) di Hotel Novotel, Bandarlampung, Kamis (13/12/2018).

Ridho kembali menegaskan ASN koruptor pastinya diproses sesuai aturan. “Jadi apa yang diperintahkan pemerintah pusat sebelum akhir Desember 2018, iya kita lakukan setelah ada kepastian hukum," paparnya.

Dari data BKN sebanyak 97 orang PNS Koruptor di Provinsi Lampung,  26 orang dari Pemprov Lampung, dan 71 orang dari kabupaten/kota.

Berdasarkan UU Nomor 8 Tahun 1974, PNS Koruptor tidak diizinkan lagi bekerja sebagai PNS yang telah melakukan tindak pidana jabatan. Sehingga, PNS mempunyai jabatan harus PDTH dan tidak berhak mendapatkan pensiunannya.

Ketua DPRD Lampung Dedi Afrizal mendorong agar pemprov dan pemkot/pemkab menerapkan aturan itu. Menurutnya, ini sebagai bukti komitmen anti korupsi dalam upaya mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa.(*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID