Gubuk Mbah Giring Dibedah, yang Mau Donasi Klik di Sini
Yuda Haryono
Selasa | 23/03/2021 20.29 WIB
Gubuk Mbah Giring Dibedah, yang Mau Donasi Klik di Sini
Rumah Mbah Giring sebelum dibedah. FOTO: ISTIMEWA/ KJB

RILIS.ID, Pringsewu – Gubuk Mbah Giring (70), warga Lingkungan 02 Kelurahan Fajaresuk, Pringsewu terlihat sangat memprihatinkan.

Bangunan dari geribik itu terlihat miring. Kayu-kayu yang menyokong pun sudah rapuh. Jika hujan turun dipastikan bocor di sana-sini.

Sudah lebih dari sepuluh tahun Mbah Giring tinggal di tempat tersebut bersama istrinya. Pekerjaan apapun ia lakukan untuk bertahan hidup.

Kadang ia menjadi buruh tani. Sering juga membantu pekerjaan tetangganya. Asal, pulang bawa uang untuk membeli makanan.

Dia punya dua anak lelaki. Yang bungsu meninggal tak lama setelah dilahirkan. Sementara, putra pertamanya pamit pergi beberapa tahun lalu untuk mencari pekerjaan. Namun, hingga kini tak kembali.

Melihat hal ini, Komunitas Jumat Berkah (KJB) tergerak. Mereka berinisiatif membedah rumah Mbah Giring setelah mendapat informasi dari bayan atau kepala lingkungan setempat.

Si bayan ini melaporkan kondisi Mbah Giring ketika KJB mengadakan acara sosial 'Bayar Seikhlasnya Makan Sepuasnya' beberapa waktu lalu.

KJM kemudian menuju rumah Mbah Giring untuk survei. Jalan ke sana hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

Setelah melihat langsung, KJB kemudian berkoordinasi dengan warga setempat untuk bergotong-royong membedah rumah Mbah Giring. 

"Alhamdulillah, sudah tiga hari ini kami bersama warga membongkar rumah Mbah Giring. Dananya dari dermawan dan sumbangan warga,” ungkap Ketua KJB Sigit Pamungkas, Selasa (23/3/2021).

Tak melulu uang. Ada juga yang menyumbang material bangunan seperti kayu dan semen. Atau sekadar tenaga.

Sigit karenanya mengajak masyarakat yang ingin berkontribusi dalam program bedah rumah Mbah Giring.

"Salurkan donasi melalui BRI di nomor rekening 035801043614506 atas nama Mukadimah Putri Dwijayanti,” imbaunya.

Setelah transfer ia meminta dermawan melakukan konfirmasi ke nomor WhatsApp 087749269560. ”Jadikan sedekah kita sebagai jariyah dan pemberat amalan kita di akhirat," pungkasnya. (*)

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID