Hebat! Program Visiting Lecture, IIB Darmajaya Hadirkan Dosen UniMAP
lampung@rilis.id
Selasa | 27/10/2020 09.33 WIB
Hebat! Program Visiting Lecture, IIB Darmajaya Hadirkan Dosen UniMAP
Suasana perkuliahan melalui daring yang diasuh dosen dari Universiti Malaysia Perlish (UniMAP) Shahidan Shaari, Ph.D./FOTO ISTIMEWA

RILIS.ID, BANDARLAMPUNG – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menghadirkan dosen tamu dari Universiti Malaysia Perlish (UniMAP) Shahidan Shaari, Ph.D.

Shahidan didaulat untuk mengajar mata kuliah Teori Ekonomi kepada mahasiswa Program Studi Manajemen, Senin (26/10/20).

Dalam perkuliahannya, Shahidan mengatakan, market merupakan pertemuan antara penjual dan pembeli untuk transaksi suatu barang.

”Pasar kompetitif adalah pasar yang memiliki banyak pembeli dan banyak penjual sehingga tidak ada pembeli atau penjual tunggal yang dapat mempengaruhi harga,” ujarnya.

Menurut dia, jika harga meningkat, berarti jumlah barang sedikit. Harga dengan jumlah berhubungan negatif. Sehingga harga meningkat, kuantitas terus menurun.

”Inilah yang dinamakan hukum permintaan,” jelasnya.

Ia melanjutkan, hal-hal lain tetap sama, semakin tinggi harga suatu barang, semakin kecil kuantitas yang diminta.

”Ketika kita ingin membeli barang namun barang tersebut tidak ada tetapi kita tidak memiliki uang, maka tidak adanya permintaan. Misalnya, harga komputer 300 juta, mungkin kamu belinya 10. Kalau harganya turun, maka akan membeli banyak,” paparnya.

Menurutnya, ketika harga suatu barang mahal, maka permintaan juga akan sedikit. ”Kalau mahal kita juga enggan untuk membelinya. Permintaanya otomatis akan berkurang,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Shahidan sempat menanggapi pertanyaan mahasiswa mengenai dampak dari overpopulasi penduduk dalam perekonomian.

Ia menjelaskan, overpopulation akan menguntungkan suatu negara dari perekonomian tetapi juga akan menimbulkan dampak yang tidak baik dengan menambahnya pengangguran karena sedikitnya lapangan kerja.

”Pemerintah harus mengawal kebijakan untuk menekan populasi agar terkontrol,” jawabnya.

Sebelumnya, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis IIB Darmajaya Dr. Faurani I Santi Singagerda, S.E., M.Si., mengatakan, visiting lecture ini merupakan bagian dari kerjasama UniMAP dan IIB Darmajaya.

”Mahasiswa mendapatkan pembelajaran ilmu tidak hanya dari dosen kita, tetapi juga berasal dari perguruan tinggi lain. Ini bagian dari implementasi Kampus Merdeka yang dijalankan IIB Darmajaya untuk memberikan kesempatan mahasiswa mendapatkan pengetahuan yang lebih,” ungkapnya.

Faurani menerangkan, mahasiswa yang mengikuti kuliah visiting lecture merupakan mahasiswa baru.

”Mahasiswa semester awal dari Prodi Manajemen dan kuliah ini juga tidak hanya sekali tapi akan terus berlanjut ke depannya,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pimpinan UniMAP atas terselenggaranya visiting lecture.

”Salam juga kami kepada pimpinan di UniMAP. Mudah-mudahan ke depannya kerjasama ini dapat terus berjalan. Mahasiswa juga diharapkan dapat mengikuti kegiatan student exchange ke depannya,” tutupnya.(*)

Editor Wirahadikusumah


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID