Ilham Mendrofa: Infrastruktur Pertanian untuk Ciptakan Pasar - RILIS.ID
Ilham Mendrofa: Infrastruktur Pertanian untuk Ciptakan Pasar
Muhammad Iqbal
Sabtu | 20/10/2018 19.29 WIB
Ilham Mendrofa: Infrastruktur Pertanian untuk Ciptakan Pasar
Ketua PISPI Lampung Ilham Mendrofa saat menyampaikan pemaparan dalam Seminar Nasional. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/El Shinta

RILIS.ID, Bandarlampung – Narasumber pada Seminar Nasional Program Infrastruktur Nasional dan Pembangunan Daerah, Ilham Mendrofa, S.P., M.M., menyampaikan pembangunan infrastruktur jalan memang penting. Namun, tak kalah penting juga bagaimana pemerintah membangun infrastruktur pertanian.

“Kita akui pembangunan yang dilakukan pemerintahan Presiden Jokowi sungguh sangat efisien demi kemajuan Indonesia, tetapi selain pembangunan infrastruktur ruas jalan, kita juga saat ini sangat membutuhkan pembangunan infrastruktur pertanian,” ucapnya kepada para peserta seminar nasional tersebut di gedung Aula Fakultas Pertanian Universitas Lampung, Sabtu (20/10/2018).

Menurut Ilham yang juga CEO (nonaktif) Rilis.Id, saat ini yang paling sering dikelukan para petani adalah untuk menyalurkan hasil produksi ke market (pasar).

“Ini paling sering kita temukan, ada petani yang sukses hasil panennya tapi bingung dia ingin mecari market atau pasar ke mana untuk menyalurkan hasil panen itu,” jelasnya.

Selain itu lanjutnya, dengan adanya pembangunan infrastruktur pertanian dan mengembangkan kawasan sentra komoditas unggulan, maka target produksi padi pada tahun 2019 diharapkan mencapai sebesar 3,9 juta ton.

Terlebih, saat ini dari 121 juta jumlah penduduk di Indonesia 29% adalah seorang petani.

“Untuk usia dibawah 45 tahun itu ada 39% dan usia 45 tahun keatas itu ada dipersentase 61%, itu berdasarkan data BPS tahun 2013. Ini menandakan semakin banyak generasi muda yang tidak tertarik bekerja di sektor pertanian, padahal peran mereka sangat dibutuhkan. Membela petani adalah membela kehidupan,” pungkasnya.(*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID