Ini Alasan Pemprov Enggan Beberkan Data PNS Koruptor

Selasa | 18/09/2018 17.17 WIB
Ini Alasan Pemprov Enggan Beberkan Data PNS Koruptor
ILUSTRASI: RILISLAMPUNG.ID/Anto RX

RILIS.ID, Bandarlampung – Data dari BKN dan KPK mengungkap ada 2.674 PNS yang kasusnya sudah berkekuatan hukum tetap (inkrah) atau terbukti melakukan korupsi.

Dari 2.674 PNS yang terbukti korupsi, baru sekira 317 PNS yang dipecat. Sementara sisanya, 2.357 PNS masih aktif bekerja.

Dari jumlah itu, terdapat 26 PNS di lingkungan Pemprov Lampung. Namun, data itu tidak bisa dibeberkan.

Pj. Sekprov Lampung Hamartoni Ahadis mengungkap alasannya. Menurut dia, itu merupakan sisi kemanusiaan terhadap PNS itu.

"Sebab, bisa saja PNS itu sebenarnya tidak ada keinginan melakukan tindakan korupsi. Bisa saja mereka terlibat karena tidak tahu atau terpaksa melakukannya," katanya, Selasa (18/9/2018).

Dijelaskan Hamartoni, saat ini pemprov juga melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota guna menindaklanjuti data itu.

"Itu baru data yang disampaikan oleh pemerintah pusat, sedangkan yang lengkapkan ada di daerah. Mungkin saja sudah ada yang diberhentian tapi belum masuk laporan ke pusat, makanya harus melihat kembali," imbuhnya.

Bca Juga: Herman HN Pastikan Pecat PNS Korupsi yang Masih Bekerja 

Kepala BKD Lampung, Rusli Syofuan mengatakan hal yang sama. Ia juga menyampaikan tidak bisa membeberkan data PNS yang korupsi tapi masih bekerja.

“Maaf, kami tidak bisa memberikan nama-nama PNS tersebut," ujar dia. (*)


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)

 





2019 | WWW.RILIS.ID